QURANISARI, SITI HATIFAH (2023) PENGARUH KONSEP TRI PUSAT PENDIDIKAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi pada SMA Negeri 8 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01. Cover.pdf Download (229kB) |
|
Text
02. Lembar Pengesahan.pdf Download (289kB) |
|
Text
03. Pernyataan Keaslian.pdf Download (70kB) |
|
Text
04. Abstrak.pdf Download (205kB) |
|
Text
05. Abstract.pdf Download (272kB) |
|
Text
06. Ucapan Terima Kasih.pdf Download (361kB) |
|
Text
07. Kata Pengantar.pdf Download (363kB) |
|
Text
08. Daftar Isi.pdf Download (394kB) |
|
Text
09. Daftar Tabel.pdf Download (366kB) |
|
Text
10. Daftar Gambar.pdf Download (324kB) |
|
Text
11. Daftar Lampiran.pdf Download (348kB) |
|
Text
12. BAB I.pdf Download (471kB) |
|
Text
13. BAB II.pdf Download (588kB) |
|
Text
14. BAB III.pdf Download (906kB) |
|
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (531kB) |
|
Text
17. Daftar Pustaka.pdf Download (486kB) |
|
Text
18. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
|
Text
19. Daftar Riwayat Hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) |
Abstract
Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini yaitu prestasi belajar peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Tasikmalaya pada Mata Pelajaran Ekonomi masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat terhadap prestasi belajar peserta didik. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Tasikmalaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik sampel jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 207 responden. Metode pengumpulan data yaitu dengan menggunakan kuesioner, serta teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, regresi linear berganda, koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Adapun hasil dari penelitian ini pada uji hipotesis menunjukkan kesimpulan yaitu: 1) Lingkungan keluarga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar 2) Lingkungan sekolah berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar 3) Lingkungan Masyarakat berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar 4) Lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat berpengaruh secara bersama – sama terhadap prestasi belajar. Hasil pada koefisien determinasi yaitu 0,211 yang menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat sebesar 21,1%. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Tri Pusat Pendidikan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 30 Oct 2023 06:51 |
Last Modified: | 30 Oct 2023 06:51 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11026 |
Actions (login required)
View Item |