STUDI KOMPARATIF MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR ANTARA MAHASISWA PENERIMA BEASISWA KIPK DENGAN MAHASISWA PENERIMA BEASISWA BI (Survei kepada Mahasiswa Universitas Siliwangi Angkatan 2019-2020)

NURHASANAH, AISYAH (2023) STUDI KOMPARATIF MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR ANTARA MAHASISWA PENERIMA BEASISWA KIPK DENGAN MAHASISWA PENERIMA BEASISWA BI (Survei kepada Mahasiswa Universitas Siliwangi Angkatan 2019-2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (27kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN & PERSETUJUAN.pdf

Download (805kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (426kB)
[img] Text
4. ASBTRAK.pdf

Download (145kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR - DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (184kB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (157kB)
[img] Text
7. BAB II.pdf

Download (150kB)
[img] Text
8. BAB III.pdf

Download (258kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (33kB)
[img] Text
12. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Program biaya pendidikan KIPK (Kartu Indonesia Pintar Kuliah) dan beasiswa BI yang dikhususkan bagi mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi dan berprestasi. Terkait dengan motivasi belajar yang tentunya memiliki fase sedang tinggi dan rendah. Difase rendah mahasiswa ini cenderung tidak fokus terhadap studi yang mereka tempuh sehingga berdampak pada prestasi. Dengan penelitian ini bertujuan untuk melihat perbandingan motivasi belajar dan prestasi belajar mahasiswa yang didanai oleh BI dan lembaga pemerintah. Dengan menggunakan teknik samplissng jenuh diambil 100 mahasiswa Univeristas Siliwangi yang dikelompokan ke dalam mahasiswa penerima beasiswa KIPK dan BI serta menggunakan uji independent sample t-test. Hasil perhitungan statistik menunjukkan sig.(2-tailed) 0,168 > 0,05 bahwa tidak ada perbedaan motivasi belajar antara mahasiswa penerima beasiswa KIPK dengan mahasiswa penerima beasiswa BI dan terdapat perbedaan antara mahasiswa penerima beasiswa KIPK dengan mahasiswa penerima beasiswa BI yang ditunjukkan dengan sig.(2-tailed) 0,000 <0,05. Hasil median mahasiswa penerima beasiswa BI 3,75 lebih besar dari pada mahasiwa penerima beasiswa KIPK yang hanya 3,49. Mahasiswa hendaknya meningkatkan atau mempertahankan motivasi dan prestasi belajar untuk mempertahankan beasiswa yang telah diraihnya. Kata kunci: Motivasi belajar, Prestasi Belajar, KIPK, Beasiswa BI

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 25 Sep 2023 01:46
Last Modified: 25 Sep 2023 01:46
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10987

Actions (login required)

View Item View Item