NURHASANAH, AISYAH (2023) STUDI KOMPARATIF MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR ANTARA MAHASISWA PENERIMA BEASISWA KIPK DENGAN MAHASISWA PENERIMA BEASISWA BI (Survei kepada Mahasiswa Universitas Siliwangi Angkatan 2019-2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (27kB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN & PERSETUJUAN.pdf Download (805kB) |
![]() |
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (426kB) |
![]() |
Text
4. ASBTRAK.pdf Download (145kB) |
![]() |
Text
5. KATA PENGANTAR - DAFTAR GAMBAR.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
6. BAB I.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text
7. BAB II.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
8. BAB III.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
![]() |
Text
10. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
![]() |
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text
12. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Program biaya pendidikan KIPK (Kartu Indonesia Pintar Kuliah) dan beasiswa BI yang dikhususkan bagi mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi dan berprestasi. Terkait dengan motivasi belajar yang tentunya memiliki fase sedang tinggi dan rendah. Difase rendah mahasiswa ini cenderung tidak fokus terhadap studi yang mereka tempuh sehingga berdampak pada prestasi. Dengan penelitian ini bertujuan untuk melihat perbandingan motivasi belajar dan prestasi belajar mahasiswa yang didanai oleh BI dan lembaga pemerintah. Dengan menggunakan teknik samplissng jenuh diambil 100 mahasiswa Univeristas Siliwangi yang dikelompokan ke dalam mahasiswa penerima beasiswa KIPK dan BI serta menggunakan uji independent sample t-test. Hasil perhitungan statistik menunjukkan sig.(2-tailed) 0,168 > 0,05 bahwa tidak ada perbedaan motivasi belajar antara mahasiswa penerima beasiswa KIPK dengan mahasiswa penerima beasiswa BI dan terdapat perbedaan antara mahasiswa penerima beasiswa KIPK dengan mahasiswa penerima beasiswa BI yang ditunjukkan dengan sig.(2-tailed) 0,000 <0,05. Hasil median mahasiswa penerima beasiswa BI 3,75 lebih besar dari pada mahasiwa penerima beasiswa KIPK yang hanya 3,49. Mahasiswa hendaknya meningkatkan atau mempertahankan motivasi dan prestasi belajar untuk mempertahankan beasiswa yang telah diraihnya. Kata kunci: Motivasi belajar, Prestasi Belajar, KIPK, Beasiswa BI
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 01:46 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 01:46 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10987 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |