DIDACTICAL DESIGN RESEARCH (DDR) UNTUK MEMAHAMI KONSEP PERKALIAN BAGI SISWA SLOW LEARNER (Penelitian terhadap Siswa Slow Learner Kelas IV SD IT Al-Amin Sindangkasih Tahun Ajaran 2021/2022)

SIDIK, MUHAMAD (2021) DIDACTICAL DESIGN RESEARCH (DDR) UNTUK MEMAHAMI KONSEP PERKALIAN BAGI SISWA SLOW LEARNER (Penelitian terhadap Siswa Slow Learner Kelas IV SD IT Al-Amin Sindangkasih Tahun Ajaran 2021/2022). Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. Cover.pdf

Download (49kB)
[img] Text
02. Lembar Pengesahan.pdf

Download (245kB)
[img] Text
03. Pernyataan Keaslian.pdf

Download (225kB)
[img] Text
04. Abstrak.pdf

Download (98kB)
[img] Text
05. Kata Pengantar.pdf

Download (62kB)
[img] Text
06. Daftar Isi.pdf

Download (104kB)
[img] Text
07. Daftar Tabel.pdf

Download (85kB)
[img] Text
08. Daftar Gambar.pdf

Download (86kB)
[img] Text
09. Daftar LAMPIRAN.pdf

Download (61kB)
[img] Text
10. BAB 1.pdf

Download (180kB)
[img] Text
11. BAB 2.pdf

Download (717kB)
[img] Text
12. BAB 3.pdf

Download (164kB)
[img] Text
13. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
14. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (209kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai Learning Trajectory dan Learning Obstacle pada konsep perkalian bagi siswa slow learner, rancangan desain pembelajaran konsep perkalian pada pembelajaran matematika yang sesuai dengan Learning Trajectory dan Learning Obstacle tersebut, dan mengetahui ketuntasan belajar siswa slow learner melalui implementasi Didactical Design Research (DDR) pada konsep perkalian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode DDR (Didactical Design Research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas siswa slow learner selama kegiatan pembelajaran berlangsung, proses wawancara digunakan sebagai teknik pengumpulan data untuk mengetahui dengan pasti mengenai informasi apa yang diperoleh, dan tes yang dilakukan terdiri dari tiga jenis tes yakni Psikotes, tes analisis situasi didaktis awal dan tes akhir yang berbentuk aktivitas pembelajaran sesuai dengan indikator materi perkalian. Sumber data berasal dari dua siswa slow learner yang berada di Kelas IV salah satu SD di Kabupaten Ciamis. Instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti sendiri dengan bantuan instrumen lainnya seperti lembar observasi, pedoman wawancara, psikotes, soal tes analisis situasi didaktis awal dan soal tes akhir yang berbentuk aktivitas pembelajaran. Dalam penelitian ini, proses analisis data dilakukan dengan membuat Desain Didaktis Awal berdasarkan Learning Trajectory yang telah disusun, lalu menganalisis hambatan belajar (Learning Obstacle) yang dialami, dan kemudian menyusun desain antisipasi didaktis untuk mengetahui respon lanjutan dari siswa, yang disusun berdasarkan kesulitan dan kesalahan yang dialaminya tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) lintasan belajar (Learning Trajectory) yang dibuat sesuai dengan segitiga didaktis yang mengatur hubungan antara siswa slow learner dengan materi perkalian (Hubungan Didaktis), (2) hambatan belajar (Learning Obstacle) merupakan hubungan pedagogis (HP) pada segitiga didaktis yang mengatur hubungan antara guru dengan siswa slow learner, (3) Rancangan pembelajaran yang dibuat sesuai dengan lintasan belajar siswa dan hambatan belajar yang dialaminya ketika mengerjakan aktivitas pembelajaran yang dibuat, serta (4) Ketuntasan belajar diperoleh siswa slow learner melalui implementasi Didactical Design Research (DDR). Kata Kunci : Didactical Design Research, Konsep Perkalian, Pemahaman Siswa Slow Learner

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 31 Aug 2023 08:03
Last Modified: 31 Aug 2023 08:03
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10851

Actions (login required)

View Item View Item