PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUKAN MEDIA MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Baregbeg Tahun Ajaran 2022/2023)

MINTARSIH, RIA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUKAN MEDIA MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Baregbeg Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 Cover.pdf

Download (70kB)
[img] Text
02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (321kB)
[img] Text
03 Lembar Pernyataan.pdf

Download (342kB)
[img] Text
04 Abstrak.pdf

Download (79kB)
[img] Text
05 Abstract.pdf

Download (28kB)
[img] Text
06 Kata Pengantar.pdf

Download (423kB)
[img] Text
07 Ucapan Terimakasih.pdf

Download (892kB)
[img] Text
08 Daftar Isi.pdf

Download (53kB)
[img] Text
09 Daftar Tabel.pdf

Download (27kB)
[img] Text
10 Daftar Gambar.pdf

Download (26kB)
[img] Text
11 Daftar Lampiran.pdf

Download (28kB)
[img] Text
12 BAB I.pdf

Download (121kB)
[img] Text
13 BAB II.pdf

Download (163kB)
[img] Text
14 BAB III.pdf

Download (323kB)
[img] Text
15 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text
16 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] Text
17 Daftar Pustaka.pdf

Download (38kB)
[img] Text
18 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran ekonomi, peserta didik cenderung pasif dan masih kesulitan mengerjakan soal yang memiliki kriteria berpikir kritis dikarenakan pembelajaran di kelas yang masih berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group desain. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian. Sampel yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran ekonomi dengan materi pokok perdagangan internasional antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantukan media mind mapping dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini dapat ditunjukkan berdasarkan perolehan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 85,45 sedangkan untuk kelas kontrol rata-rata nilai posttest sebesar 74,34. Berdasarkan perolehan rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0.75 dan untuk kelas kontrol rata-ratanya lebih kecil yaitu 0.56. Selain itu berdasarkan uji Independent Samples T-Test diperoleh nilai Sig.(2-tailed) 0.000 < 0.05. Dari hasil analisis dan perhitungan tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantukan media mind mapping memberikan efektivitas yang lebih tinggi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dibandingkan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Teams Games Tournament, Mind Mapping

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 15 Aug 2023 03:43
Last Modified: 15 Aug 2023 03:43
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10568

Actions (login required)

View Item View Item