PENGARUH KUIS SEJARAH BERBASIS WORDWALL TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA MATERI KERAJAAN KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA DI KELAS X 6 SMAN 1 TASIKMALAYA

SADIDAH, SALMA (2023) PENGARUH KUIS SEJARAH BERBASIS WORDWALL TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA MATERI KERAJAAN KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA DI KELAS X 6 SMAN 1 TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (164kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (96kB)
[img] Text
3 KETERANGAN REVISI SKRIPSI.pdf

Download (124kB)
[img] Text
4.PERNYATAAN.pdf

Download (107kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (346kB)
[img] Text
6.ABSTRACT (1).pdf

Download (5kB)
[img] Text
7 KATA PENGANTAR.pdf

Download (146kB)
[img] Text
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (305kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (368kB)
[img] Text
10.DAFTAR TABEL.pdf

Download (342kB)
[img] Text
11.DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (13kB)
[img] Text
12.DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (207kB)
[img] Text
13.BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
14 BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
15 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
17 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (913kB)
[img] Text
16BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
18.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
19.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Proses pembelajaraan pada kurikulum merdeka mengharuskan siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi keadaan siswa di kelas X 6 SMAN 1 TASIKMALAYA kurang aktif saat pembelajaran. Siswa yang masih menyesuaikan diri dengan tuntutan baru dalam kurikulum merdeka sehingga di perlukan media pembelajaran yang interaktif untuk bisa meningkatkan keaktifkan belajar siswa. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen dengan metode Quasi Experimental Desain tipe Non Equvalent control grup desaign. Teknik sampling penelitian ini mengggunakan teknik Purposive sampling. Instrumen untuk mengukur keaktifan siswa menggunakan instrumen angket yang akan diberikan kepada siswa untuk diisi sebelum dan sesudah penerapan kuis sejarah berbasis wordwall. Siswa yang dujadikan populasi adalah siswa kelas X di SMA I TASIKMALAYA berjumlah 426 orang siswa dengan penetuan sampel yang berasal dari kelas X 6 sebagai kelas eksperimen dan x 4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 39 orang siswa, data yang sudah terkumpul akan dianalisis menggunakan SPSSS 26.0 for window dengan melalui tahap uji normalisasi, uji reabilitas , uji homogenitas dan uji hipotesis. Penelitian ini mencapai hasil uji hipotensis dengan nilai signifikasi 0,000<0,05 atau terdapat pengaruh kuis sejarah berbasis wordwall terhadap keaktifan belajar siswa. kata kunci keaktifan belajar, kuis sejarah, wordwall

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 15 Aug 2023 00:51
Last Modified: 15 Aug 2023 00:51
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10556

Actions (login required)

View Item View Item