PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMAN 1 Manonjaya)

ADILA, CUT WINA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMAN 1 Manonjaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (89kB)
[img] Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (77kB)
[img] Text
03 LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (121kB)
[img] Text
04 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (126kB)
[img] Text
05 ABSTRACT.pdf

Download (119kB)
[img] Text
06 ABSTRAK.pdf

Download (124kB)
[img] Text
07 KATA PENGANTAR.pdf

Download (175kB)
[img] Text
08 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (237kB)
[img] Text
09 DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
10 DAFTAR TABEL.pdf

Download (130kB)
[img] Text
11 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (121kB)
[img] Text
12 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (123kB)
[img] Text
13 BAB I.pdf

Download (122kB)
[img] Text
14 BAB II.pdf

Download (252kB)
[img] Text
15 BAB III.pdf

Download (322kB)
[img] Text
16 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] Text
17 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] Text
18 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB)
[img] Text
19 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SMAN 1 Manonjaya yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis eksperimen semu, dengan desain penelitian menggunakan desain non equivalent control group design, serta Teknik pengumpulan data melalui test uraian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS di SMAN 1 Manonjaya pada tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 120 siswa. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPS 3yang berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 4 yang berjumlah 29 orang sebagai kelas kontrol dengan pengambilan sampel menggunakan Teknik nonprobability sampling. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning berbantuan media video dengan pendekatan kontekstual dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi konsep perdagangan interasional.Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning berbantuan media video dengan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perdagangan internasional, dimana Ha diterima jika nilai sig.(2-tailed) ≤0.05 dan berdasarkan penelitian diperoleh nilai sig.(2- tailed) sebesar 0.000 < 0.05. Rata-rata skor kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, dengan demikian dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa model problem based learning berbantuan media video dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci : Problem Based Learning, Kontekstual, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 15 Aug 2023 00:51
Last Modified: 15 Aug 2023 00:51
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10554

Actions (login required)

View Item View Item