ADILA, CUT WINA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMAN 1 Manonjaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 COVER.pdf Download (89kB) |
|
Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (77kB) |
|
Text
03 LEMBAR PENGUJI.pdf Download (121kB) |
|
Text
04 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (126kB) |
|
Text
05 ABSTRACT.pdf Download (119kB) |
|
Text
06 ABSTRAK.pdf Download (124kB) |
|
Text
07 KATA PENGANTAR.pdf Download (175kB) |
|
Text
08 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (237kB) |
|
Text
09 DAFTAR ISI.pdf Download (96kB) |
|
Text
10 DAFTAR TABEL.pdf Download (130kB) |
|
Text
11 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (121kB) |
|
Text
12 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (123kB) |
|
Text
13 BAB I.pdf Download (122kB) |
|
Text
14 BAB II.pdf Download (252kB) |
|
Text
15 BAB III.pdf Download (322kB) |
|
Text
16 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) |
|
Text
17 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
|
Text
18 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (129kB) |
|
Text
19 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SMAN 1 Manonjaya yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis eksperimen semu, dengan desain penelitian menggunakan desain non equivalent control group design, serta Teknik pengumpulan data melalui test uraian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS di SMAN 1 Manonjaya pada tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 120 siswa. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPS 3yang berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 4 yang berjumlah 29 orang sebagai kelas kontrol dengan pengambilan sampel menggunakan Teknik nonprobability sampling. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning berbantuan media video dengan pendekatan kontekstual dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi konsep perdagangan interasional.Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning berbantuan media video dengan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perdagangan internasional, dimana Ha diterima jika nilai sig.(2-tailed) ≤0.05 dan berdasarkan penelitian diperoleh nilai sig.(2- tailed) sebesar 0.000 < 0.05. Rata-rata skor kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, dengan demikian dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa model problem based learning berbantuan media video dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci : Problem Based Learning, Kontekstual, Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 00:51 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 00:51 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10554 |
Actions (login required)
View Item |