PENGARUH KESADARAN METAKOGNITIF DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR (Survey Pada Siswa Kelas X, XI IPS SMAN 10 Tasikmalaya)

BAKTI, ADE PURNAMA (2023) PENGARUH KESADARAN METAKOGNITIF DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR (Survey Pada Siswa Kelas X, XI IPS SMAN 10 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (51kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (261kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (295kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (220kB)
[img] Text
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (47kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (169kB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (110kB)
[img] Text
8. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (52kB)
[img] Text
9. BAB 1.pdf

Download (174kB)
[img] Text
10. BAB 2.pdf

Download (170kB)
[img] Text
11. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] Text
13. BAB 5.pdf

Download (45kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah mengenai rendahnya hasil belajar dilihat dari kurang optimalnya nilai ujian tengah semester. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran metakognitif dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survey dengan desain eksplanatori reseach. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa jurusan IPS kelas 11 dan 12 di SMAN 10 Tasikmalaya dengan jumlah 204 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dengan sampling jenuh dan diperoleh 204 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis data menggunakan uji nomalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi R2 , uji T, dan uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kesadaran metakognitif tehadap hasil belajar dengan nilai signifikan (0,000 < 0,05). 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan nilai signifikan (0,002 < 0,05). Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh positif dan signifikan kesadaran metakognitif dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Kata Kunci : metakognitif, motivasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 14 Aug 2023 00:09
Last Modified: 14 Aug 2023 00:09
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10523

Actions (login required)

View Item View Item