BAKTI, ADE PURNAMA (2023) PENGARUH KESADARAN METAKOGNITIF DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR (Survey Pada Siswa Kelas X, XI IPS SMAN 10 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (51kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (261kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (295kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (220kB) |
|
Text
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (47kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (169kB) |
|
Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (110kB) |
|
Text
8. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (52kB) |
|
Text
9. BAB 1.pdf Download (174kB) |
|
Text
10. BAB 2.pdf Download (170kB) |
|
Text
11. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) |
|
Text
12. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
|
Text
13. BAB 5.pdf Download (45kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (113kB) |
|
Text
15. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah mengenai rendahnya hasil belajar dilihat dari kurang optimalnya nilai ujian tengah semester. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran metakognitif dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survey dengan desain eksplanatori reseach. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa jurusan IPS kelas 11 dan 12 di SMAN 10 Tasikmalaya dengan jumlah 204 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dengan sampling jenuh dan diperoleh 204 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis data menggunakan uji nomalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi R2 , uji T, dan uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kesadaran metakognitif tehadap hasil belajar dengan nilai signifikan (0,000 < 0,05). 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan nilai signifikan (0,002 < 0,05). Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh positif dan signifikan kesadaran metakognitif dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Kata Kunci : metakognitif, motivasi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 14 Aug 2023 00:09 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 00:09 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10523 |
Actions (login required)
View Item |