PENGGUNAAN MEDIA CHATBOT DALAM MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 7 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023)

FIKRI, ELY KHUZATUL (2023) PENGGUNAAN MEDIA CHATBOT DALAM MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 7 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (35kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (95kB)
[img] Text
3. LEMBAR REVISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (92kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (63kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (208kB)
[img] Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (69kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (94kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (522kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (368kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan menginvestigasi penggunaan media chatbot dalam model pembelajaran direct instruction untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian menggunakan metode Quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest dalam bentuk soal pilihan ganda. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPS SMAN 7 Tasikmalaya sejumlah 208 siswa. Sampel diambil berdasarkan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh kelas X IPS 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: (1) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata pretest sebesar 41,82 dan nilai posttest sebesar 81,56. (2) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata pretest sebesar 35,29 dan nilai rata-rata posttest sebesar 76,74. (3) Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan perbandingan nilai rata-rata n-gain kelas eksperimen lebih besar daripada nilai rata-rata n-gain kelas kontrol yaitu sebesar 0,69 dan 0,63. Sehingga, dapat disimpulkan penggunaan media chatbot dalam model pembelajaran direct instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Chatbot, Direct Instruction, Media

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 10 Aug 2023 02:47
Last Modified: 10 Aug 2023 02:47
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10467

Actions (login required)

View Item View Item