PENGARUH PENYESUAIAN DIRI, MOTIVASI BERPRESTASI DAN RESILIENSI AKADEMIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Survey Pada Peserta didik dalam Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Singaparna Tahun Ajaran 2022/2023)

ALIYANI, RANTI (2023) PENGARUH PENYESUAIAN DIRI, MOTIVASI BERPRESTASI DAN RESILIENSI AKADEMIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Survey Pada Peserta didik dalam Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Singaparna Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (170kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (474kB)
[img] Text
3. Lembar Pernyataan.pdf

Download (225kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (80kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (285kB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (464kB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (464kB)
[img] Text
7. BAB II.pdf

Download (590kB)
[img] Text
8. BAB IIII.pdf

Download (470kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[img] Text
12. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian dilakukan berdasarkan pada permasalahan yang terdapat di SMA Negeri 1 Singaparna, yakni tentang prestasi belajar peserta didik yang rendah. Hal tersebut ditunjukkan oleh banyaknya peserta didik yang tidak mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang telah ditentukan pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyesuaian diri, motivasi berprestasi dan resiliensi akademik terhadap prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode survey desain eksplanatori. Populasi penelitian merupakan peserta didik kelas X yang berjumlah 368 peserta didik. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan yakni teknik probability sampling jenis proportional simple random sampling dengan menggunakan rumus slovin, kemudian diperoleh sampel sebanyak 192 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penyesuaian diri berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik 2) motivasi berprestasi berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik 3) resiliensi akademik berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik 4) penyesuaian diri, motivasi berprestasi dan resiliensi akademik berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik. Kata Kunci: Prestasi, Penyesuaian Diri, Motivasi, Resiliensi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 26 Jul 2023 01:51
Last Modified: 26 Jul 2023 01:51
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10038

Actions (login required)

View Item View Item