PUJAYANTIE, LENIE NURAENI (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH UNSUR-UNSUR PEMBANGUN PUISI DAN MENYAJIKAN TEKS PUISI MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN SUGESTI IMAJINASI (Penelitian Tindakan Kelas terhadap Peserta Didik Kelas VIII-D SMP Negeri 15 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1-Cover.pdf
Download (168kB)
2-Lembar Pengesahan.pdf
Download (202kB)
3-Lembar Pernyataan.pdf
Download (175kB)
4-Abstrak.pdf
Download (120kB)
5-Kata Pengantar.pdf
Download (137kB)
6-Daftar Isi.pdf
Download (136kB)
7-Daftar Gambar.pdf
Download (69kB)
8-Daftar Tabel.pdf
Download (79kB)
9-Daftar Diagram.pdf
Download (70kB)
10-Daftar Lampiran.pdf
Download (73kB)
11-Bab1.pdf
Download (170kB)
12-Bab 2.pdf
Download (336kB)
13-Bab 3.pdf
Download (203kB)
14-Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (979kB)
15-Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (73kB)
16-Daftar Pustaka.pdf
Download (137kB)
17-Riwayat hidup.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (86kB)
18-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Menelaah unsur-unsur pembangun puisi dan menyajikan teks puisi merupakan
KD yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VIII berdasarkan kurikulum 2013
revisi. Namun pada kenyataannya, peserta didik kelas VIII-D SMP Negeri 15
Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024 banyak yang belum memenuhi KKM. Oleh
karena itu, penulis melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode
pembelajaran sugesti imajinasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya metode
pembelajaran sugesti imajinasi dengan media lagu meningkatkan kemampuan peserta
didik kelas VIII-D SMP Negeri 15 Tasikmalaya dalam menelaah unsur-unsur
pembangun puisi dan menyajikan teks puisi.
Berdasarkan hasil pengolahan data menunjukkan adanya peningkatan proses dan
hasil belajar dari siklus kesatu ke siklus kedua. Pada siklus kesatu dalam menelaah
unsur-unsur pembangun puisi terdapat 9 peserta didik (34,6%) yang mencapai KKM
dan yang belum mencapai KKM sebanyak 17 orang (65,4%). Pada aspek keterampilan
menyajikan teks puisi terdapat 10 peserta didik (38,5%) yang mencapai KKM dan
yang belum mencapai KKM sebanyak 16 orang (61,5%). Pada siklus kedua, baik pada
aspek menelaah unsur-unsur pembangun puisi dan menyajikan teks puisi, semua
peserta didik yang berjumlah 26 orang (100%) berhasil mencapai KKM yaitu 84.
Penulis juga membuktikan dengan uji statistika. Namun setelah melalui uji
normalitas, data yang dihasilkan tidak beristribusi normal, maka untuk mengetahui
perbedaan data tersebut penulis melanjutkan dengan menggunakan Uji Wilcoxon uji
Wilcoxon. Hasil uji Wilcoxon menunjukan bahwa W hitung (0)<W tabel (0,01). Hal
ini menunjukkan bahwa hipotesis tindakan penelitian diterima. Artinya, metode
pembelajaran sugesti imajinasi dapat meningkatkan kemampuan dalam menelaah
unsur-unsur pembangun puisi dan menyajikan teks puisi pada peserta didik kelas VIII
D SMP Negeri 15 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 24 Oct 2025 03:09 |
| Last Modified: | 24 Oct 2025 03:09 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/99 |
