EVALUASI KELAYAKAN PERKERASAN LANDASAN PACU BANDARA NUSAWIRU PANGANDARAN DENGAN PERBANDINGAN METODE ICAO DENGAN METODE FAA

PURNAMASARI, IRMA (2024) EVALUASI KELAYAKAN PERKERASAN LANDASAN PACU BANDARA NUSAWIRU PANGANDARAN DENGAN PERBANDINGAN METODE ICAO DENGAN METODE FAA. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 6. DAFTAR ISI.pdf] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 7. DAFTAR TABEL.pdf] Text
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 8. DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 9. BAB 1.pdf] Text
9. BAB 1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 10. BAB 2.pdf] Text
10. BAB 2.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 11. BAB 3.pdf] Text
11. BAB 3.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 12. BAB 4.pdf] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 13. BAB 5.pdf] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 15. LAMPIRAN.pdf] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Bandara Nusawiru di pangandaran berfungsi sebagai pusat transportasi udara yang
melayani penerbangan regular ke Bandung dan Jakarta. Dengan status saat ini
sebagai bandara kelas III, mendukung operasional pesawat kecil seperti Fokker dan
sejenisnya. Adanya program Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di kelas I, termasuk
perluasan dan perpanjangan landasan pacu untuk mendukung pesawat berbadan
besar. Penelitian ini bertujuan untuk melakuan evaluasi geometrik dan perkerasan
landasan pacu, dengan fokus pada orientasi, Panjang landasan, serta kebutuhan
perkerasan lentur yang kuat dan stabilitas. Hasil dari penelitian ini, didapat panjang
landasan pacu dibutuhkan untuk pesawat kritis Cessna 208B adalah 775 m dan
untuk landasan pacu eksisting adalah 1400 m. Pada perhitungan struktur perkerasan
digunakan metode FAA (Faderal Aviation Administration) dengan cara manual dan
bantuan perangkat lunak FAARFIELD. Perhitungan ini mengacu kepada Advisory
Circular 150/5320-6E. Perhitungan juga membanding kan antara hasil perhitungan
dari metode FAA dengan hasil perhitungan metode ICAO. Hasil perhitungan pada
landasan pacu kondisi eksisting dengan cara manual didapat tabel total perkerasan
43,68 cm, dengan bantuan perangkat lunak FAARFIELD didapat tebal perkerasan
47,75 cm. Untuk metode ICAO didapat tebal perkerasan total sebesar 62.3 cm.
Untuk perencanaan pelapisan ulang dengan bantuan perangkat lunak FAARFIELD
didapat tebal untuk lapisan permukaan sebesar 4 inch (10.16 cm). Untuk
perhitungan pelapisan ulang pada metode ICAO didapat tebal lapis permukaan
sebesar 3,5 inch (9 cm). Pada perhitungan perencanaan perkerasan dengan metode
FAA cara manual didapat tebal total perkerasan sebesar 76.20 cm, sedangkan
dengan bantuan perangkat lunak FAARFIELD didapat tebal total perkerasan
sebesar 65,98 cm.
Kata kunci: Banda Udara, Landasan Pacu, FAA, FAARFIELD, Pelapisan Ulang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 24 Oct 2025 03:07
Last Modified: 24 Oct 2025 03:07
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/97

Actions (login required)

View Item
View Item