SETIAWATI, AI KRISTINA (2025) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK BERBANTUAN AUGMENTED REALITY TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM RESPIRASI (Studi Eksperimen dikelas XI SMAN 1 Jatiwaras Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. Cover.pdf
Download (191kB)
2. Lembar Pengesahan.pdf
Download (326kB)
3. Lembar Pernyataan Keaslian Karya Ilmiah.pdf
Download (235kB)
4. Abstrak.pdf
Download (292kB)
5. Abstract.pdf
Download (226kB)
6. Kata Pengantar.pdf
Download (217kB)
7. Ucapan Terima Kasih.pdf
Download (177kB)
8. Daftar Isi.pdf
Download (244kB)
9. Daftar Gambar.pdf
Download (163kB)
10. Daftar Tabel.pdf
Download (159kB)
11. Daftar Lampiran.pdf
Download (150kB)
12. BAB 1.pdf
Download (339kB)
13. BAB 2.pdf
Download (815kB)
14. BAB 3.pdf
Download (1MB)
15. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (634kB)
16. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (261kB)
17. Daftar Pustaka.pdf
Download (248kB)
18. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
19. Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (207kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran flipbook berbantuan augmented reality terhadap hasil belajar dan kemampuan literasi digital peserta didik pada materi sistem respirasi di kelas XI SMAN 1 Jatiwaras. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2025. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dengan posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas XI SMAN 1 Jatiwaras sebanyak 5 kelas yang berjumlah 165 siswa. Sampel penelitian yang diambil dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan kelas XI 3 berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI 5 berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar berbentuk soal majemuk berjumlah 30 soal dan angket literasi digital sebanyak 22 pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan uji effect size cohen`s. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi hasil belajar 0,000 dan literasi digital 0,001 < 0,05, uji effect size cohen`s hasil belajar 1,561 dan literasi digital 0,861 yang termasuk ke dalam efek besar, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran flipbook berbantuan augmented reality efektif terhadap hasil belajar dan kemampuan literasi digital peserta didik pada materi sistem respirasi di kelas XI SMAN 1 Jatiwaras tahun ajaran 2024/2025.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Flipbook, Augmented Reality¸ Literasi Digital, Hasil Belajar
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 02:29 |
| Last Modified: | 07 Nov 2025 02:29 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/969 |
