JABBAARUDIN, ABDUL AZIZ (2025) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE LEARNING SYSTEM (AILS) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN SISTEM GERAK MANUSIA (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Tasikmalaya, Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (185kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (657kB)
3. PERNYATAAN.pdf
Download (437kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (254kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (285kB)
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (205kB)
7. DAFTAR ISI.pdf
Download (230kB)
8. DAFTAR TABEL.pdf
Download (184kB)
9. DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (127kB)
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (140kB)
11. BAB I.pdf
Download (373kB)
12. BAB II.pdf
Download (1MB)
13. BAB III.pdf
Download (1MB)
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (735kB)
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (233kB)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (216kB)
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
18. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (183kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Problem Based Learning (PBL) berbantuan Artificial Intelligence Learning System (AILS) terhadap hasil belajar kognitif peserta didik dalam pembelajaran sistem gerak manusia (studi eksperimen dikelas XI MIPA SMA Negeri 3 Tasikmalaya, tahun ajaran 2024/2025). Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri atas kelas XI MIPA SMAN 3 Kota Tasikmalaya dengan jumlah peserta didik 212 orang yang merupakan bagian dari 6 kelas. Sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan purposive sampling dan diperoleh kelas XI MIPA 1 sabagai kelas eksperimen berjumlah 34 orang dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol berjumlah 34 orang. Adapun instrumen yang digunakan berupa soal tes berjumlah 25 soal pilihan ganda sebagai indikator hasil belajar kognitif peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t independent dengan taraf signifikansi α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis menunjukan bahwa nilai signifikansi hasil belajar kognitif peserta didik di kelas ekperimen dan kelas kontrol bernilai 0,007 yang menunjukan angka tersebut lebih kecil dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini terdapat pengaruh penerapan Problem Based Learning (PBL) berbantuan Artificial Intelligence Learning System (AILS) terhadap hasil belajar kognitif peserta didik dalam pembelajaran sistem gerak manusia (studi eksperimen dikelas XI MIPA SMA Negeri 3 Tasikmalaya, tahun ajaran 2024/2025).
Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), Artificial Intelligence Learning System (AILS), Hasil Kognitif, Peserta Didik.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 08:05 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 08:05 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/942 |
