EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI (Studi Eksperimen di Kelas VIII SMP Yos Sudarso Tasikmalaya)

Ginting, Iin Elvira Br (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI (Studi Eksperimen di Kelas VIII SMP Yos Sudarso Tasikmalaya). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 3. PERNYATAAN.pdf] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf] Text
6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR ISI.pdf] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR TABEL.pdf] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 10. BAB I.pdf] Text
10. BAB I.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 11. BAB II.pdf] Text
11. BAB II.pdf

Download (418kB)
[thumbnail of 12. BAB III.pdf] Text
12. BAB III.pdf

Download (611kB)
[thumbnail of 13. BAB IV.pdf] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[thumbnail of 14. BAB V.pdf] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[thumbnail of 15. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 16.  LAMPIRAN.pdf] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 17. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
17. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan model pembelajaran flipped classroom dalam meningkatkan hasil belajar kognitif dan kemandirian belajar peserta didik pada materi sistem ekskresi di kelas VIII SMP Yos Sudarso Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini dilakukan dari bulan Juni 2024 sampai Maret 2025. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Pra experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Yos Sudarso Tasikmalaya dengan jumlah peserta didik 21 orang. Dan sampel penelitian seluruh seluruh peserta didik kelas VIII SMP Yos Sudarso Tasikmalaya dengan jumlah peserta didik 21 orang. Sampel diambil dengan Teknik totally sampling atau seluruh populasi dijadikan sampel karena keterbatasan sumber manusia. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes pilihan berganda untuk hasil belajar kognitif dan angket pernyataan untuk kemandirian belajar. Tes ini berupa 28 soal pilihan berganda untuk hasil belajar kognitif dan 18 butir pernyataan untuk kemandirian belajar. Teknik analisis data yang dilakukan adalah dengan melakukan uji prasayarat terlebih dahulu, yakni uji Homogenitas dengan Shapiro wilk dan uji Normalitas dengan uji Levene, kemudian dilanjut dengan uji hipotesisPaired Sample t-Test dengan taraf siginifaknsi α=0,05. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis menunjukan bahwa nilai signifikansi hasil belajar kognitif dan kemandirian belajar kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran flipped classroom efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan kemandirian belajar peserta didik pada materi sistem ekskresi di kelas VIII SMP Yos Sudarso Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025.

Kata kunci :model pembelajaran, flipped classroom, hasil belajar kognitif, kemandirian belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 06 Nov 2025 08:01
Last Modified: 06 Nov 2025 08:01
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/941

Actions (login required)

View Item
View Item