Ginting, Iin Elvira Br (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI (Studi Eksperimen di Kelas VIII SMP Yos Sudarso Tasikmalaya). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (53kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (3MB)
3. PERNYATAAN.pdf
Download (1MB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (240kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (137kB)
6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf
Download (74kB)
7. DAFTAR ISI.pdf
Download (57kB)
8. DAFTAR TABEL.pdf
Download (100kB)
9. DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (100kB)
10. BAB I.pdf
Download (137kB)
11. BAB II.pdf
Download (418kB)
12. BAB III.pdf
Download (611kB)
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (426kB)
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (52kB)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (203kB)
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
17. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (62kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan model pembelajaran flipped classroom dalam meningkatkan hasil belajar kognitif dan kemandirian belajar peserta didik pada materi sistem ekskresi di kelas VIII SMP Yos Sudarso Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini dilakukan dari bulan Juni 2024 sampai Maret 2025. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Pra experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Yos Sudarso Tasikmalaya dengan jumlah peserta didik 21 orang. Dan sampel penelitian seluruh seluruh peserta didik kelas VIII SMP Yos Sudarso Tasikmalaya dengan jumlah peserta didik 21 orang. Sampel diambil dengan Teknik totally sampling atau seluruh populasi dijadikan sampel karena keterbatasan sumber manusia. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes pilihan berganda untuk hasil belajar kognitif dan angket pernyataan untuk kemandirian belajar. Tes ini berupa 28 soal pilihan berganda untuk hasil belajar kognitif dan 18 butir pernyataan untuk kemandirian belajar. Teknik analisis data yang dilakukan adalah dengan melakukan uji prasayarat terlebih dahulu, yakni uji Homogenitas dengan Shapiro wilk dan uji Normalitas dengan uji Levene, kemudian dilanjut dengan uji hipotesisPaired Sample t-Test dengan taraf siginifaknsi α=0,05. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis menunjukan bahwa nilai signifikansi hasil belajar kognitif dan kemandirian belajar kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran flipped classroom efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan kemandirian belajar peserta didik pada materi sistem ekskresi di kelas VIII SMP Yos Sudarso Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025.
Kata kunci :model pembelajaran, flipped classroom, hasil belajar kognitif, kemandirian belajar
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 08:01 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 08:01 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/941 |
