PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENGINDENTIFIKASI ISI INFORMASI TEKS IKLAN KOMERSIAL (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025)

Mawardi, Putri Bunga (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENGINDENTIFIKASI ISI INFORMASI TEKS IKLAN KOMERSIAL (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of 2. PENGESAHAN.pdf] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR ISI.pdf] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of 8. BAB I.pdf] Text
8. BAB I.pdf

Download (295kB)
[thumbnail of 9. BAB II.pdf] Text
9. BAB II.pdf

Download (413kB)
[thumbnail of 10. BAB III.pdf] Text
10. BAB III.pdf

Download (370kB)
[thumbnail of 11. BAB IV.pdf] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)
[thumbnail of 12. BAB V.pdf] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 14. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
14. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[thumbnail of 15. LAMPIRAN.pdf] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Aspek penting yang mempengaruhi keberhasilan suatu proses pembelajaran yaitu ketepatan dalam memilih model pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan mengidentifikasi isi informasi teks iklan berdasarkan strukturnya pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025. Teknik penelitian yang penulis gunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dan tes. Hasil perhitungan data, diperoleh rata-rata nilai peserta didik di kelas eksperimen pada pembelajaran mengidentifikasi isi informasi teks iklan yakni 55,29 (pretest) dan 88,64 (Posttest). Rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik di kelas kontrol yakni 48,84 (pretest) dan 63,85 (Posttest). Rata-rata nilai N-Gain pada pembelajaran mengidentifikasi isi informasi teks iklan di kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,5 dan 0,2 yang berkategori rendah. Rata-rata nilai N-Gain pada pembelajaran mengidentifikasi di kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 74,08 dan 26,66 yang berkategori rendah. Berdasarkan pemerolehan nilai uji wilcoxon (uji beda) pada nilai N-Gain pembelajaran mengidentifikasi isi informasi teks iklan mencapai taraf signifikansi <0,05. Artinya, metode pembelajaran Problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi isi informasi teks iklan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 06 Nov 2025 02:48
Last Modified: 06 Nov 2025 02:48
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/895

Actions (login required)

View Item
View Item