Mawardi, Putri Bunga (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENGINDENTIFIKASI ISI INFORMASI TEKS IKLAN KOMERSIAL (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (167kB)
2. PENGESAHAN.pdf
Download (5MB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (8MB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (94kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (188kB)
7. DAFTAR ISI.pdf
Download (288kB)
8. BAB I.pdf
Download (295kB)
9. BAB II.pdf
Download (413kB)
10. BAB III.pdf
Download (370kB)
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (627kB)
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (186kB)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (200kB)
14. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (121kB)
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Aspek penting yang mempengaruhi keberhasilan suatu proses pembelajaran yaitu ketepatan dalam memilih model pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan mengidentifikasi isi informasi teks iklan berdasarkan strukturnya pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025. Teknik penelitian yang penulis gunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dan tes. Hasil perhitungan data, diperoleh rata-rata nilai peserta didik di kelas eksperimen pada pembelajaran mengidentifikasi isi informasi teks iklan yakni 55,29 (pretest) dan 88,64 (Posttest). Rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik di kelas kontrol yakni 48,84 (pretest) dan 63,85 (Posttest). Rata-rata nilai N-Gain pada pembelajaran mengidentifikasi isi informasi teks iklan di kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,5 dan 0,2 yang berkategori rendah. Rata-rata nilai N-Gain pada pembelajaran mengidentifikasi di kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 74,08 dan 26,66 yang berkategori rendah. Berdasarkan pemerolehan nilai uji wilcoxon (uji beda) pada nilai N-Gain pembelajaran mengidentifikasi isi informasi teks iklan mencapai taraf signifikansi <0,05. Artinya, metode pembelajaran Problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi isi informasi teks iklan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 02:48 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 02:48 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/895 |
