PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas IX E MTs Negeri 3 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025)

Sa’adah, Eli (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas IX E MTs Negeri 3 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 01 COVER.pdf] Text
01 COVER.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of 02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of 03 LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
03 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (292kB)
[thumbnail of 04 ABSTRAK.pdf] Text
04 ABSTRAK.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of 05 KATA PENGANTAR.pdf] Text
05 KATA PENGANTAR.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 06 DAFTAR ISI.pdf] Text
06 DAFTAR ISI.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 07 DAFTAR TABEL.pdf] Text
07 DAFTAR TABEL.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of 08 DAFTAR GRAFIK.pdf] Text
08 DAFTAR GRAFIK.pdf

Download (4kB)
[thumbnail of 09 DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
09 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (3kB)
[thumbnail of 10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (6kB)
[thumbnail of 11 BAB 1.pdf] Text
11 BAB 1.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of 12 BAB 2.pdf] Text
12 BAB 2.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 13 BAB 3.pdf] Text
13 BAB 3.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 14 BAB 4.pdf] Text
14 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[thumbnail of 15 BAB 5.pdf] Text
15 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[thumbnail of 16 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of 17 RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
17 RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[thumbnail of 18 LAMPIRAN.pdf] Text
18 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Menulis cerita pendek merupakan kemampuan yang perlu dikuasai peserta didik kelas IX pada mata pelajaran bahasa Indonesia berdasarkan Kurikulum Merdeka. Kenyataan di sekolah menunjukkan bahwa masih banyak peserta didik yang belum memenuhi SKBM. Maka dari itu, penulis melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Project Based Learning meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek pada peserta didik kelas IX MTs Negeri 3 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik tes dengan sumber data peserta didik kelas IX MTs Negeri 3 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025. Berdasarkan pengolahan nilai siklus kesatu dalam pembelajaran menulis cerita pendek, sebanyak 12 orang (36%) telah mencapai SKBM dan 20 orang (64%) belum mencapai SKBM. Pada siklus kedua, terjadi peningkatan dalam menulis cerita pendek sebanyak 32 orang (100%) telah mencapai SKBM yang telah ditentukan sekolah, yaitu 75. Berdasarkan hasil uji normalitas data nilai menulis cerita pendek pada siklus kesatu dan siklus kedua berdistribusi tidak normal. Penulis menghitung uji beda menggunakan uji Wilcoxon. Diketahui bahwa W hitung (0) lebih kecil daripada W tabel (126,2) dalam taraf signifikansi (0,01). Artinya terdapat peningkatan nilai rata rata yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran PjBL dapat meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek pada peserta didik kelas IX MTs Negeri 3 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025. Artinya, hipotesis penulis diterima dan terbukti kebenarannya

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 06 Nov 2025 02:42
Last Modified: 06 Nov 2025 02:42
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/893

Actions (login required)

View Item
View Item