Sa’adah, Eli (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas IX E MTs Negeri 3 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
01 COVER.pdf
Download (97kB)
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (274kB)
03 LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (292kB)
04 ABSTRAK.pdf
Download (45kB)
05 KATA PENGANTAR.pdf
Download (59kB)
06 DAFTAR ISI.pdf
Download (32kB)
07 DAFTAR TABEL.pdf
Download (9kB)
08 DAFTAR GRAFIK.pdf
Download (4kB)
09 DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (3kB)
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (6kB)
11 BAB 1.pdf
Download (97kB)
12 BAB 2.pdf
Download (143kB)
13 BAB 3.pdf
Download (127kB)
14 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (443kB)
15 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9kB)
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (96kB)
17 RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (63kB)
18 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Menulis cerita pendek merupakan kemampuan yang perlu dikuasai peserta didik kelas IX pada mata pelajaran bahasa Indonesia berdasarkan Kurikulum Merdeka. Kenyataan di sekolah menunjukkan bahwa masih banyak peserta didik yang belum memenuhi SKBM. Maka dari itu, penulis melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Project Based Learning meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek pada peserta didik kelas IX MTs Negeri 3 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik tes dengan sumber data peserta didik kelas IX MTs Negeri 3 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025. Berdasarkan pengolahan nilai siklus kesatu dalam pembelajaran menulis cerita pendek, sebanyak 12 orang (36%) telah mencapai SKBM dan 20 orang (64%) belum mencapai SKBM. Pada siklus kedua, terjadi peningkatan dalam menulis cerita pendek sebanyak 32 orang (100%) telah mencapai SKBM yang telah ditentukan sekolah, yaitu 75. Berdasarkan hasil uji normalitas data nilai menulis cerita pendek pada siklus kesatu dan siklus kedua berdistribusi tidak normal. Penulis menghitung uji beda menggunakan uji Wilcoxon. Diketahui bahwa W hitung (0) lebih kecil daripada W tabel (126,2) dalam taraf signifikansi (0,01). Artinya terdapat peningkatan nilai rata rata yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran PjBL dapat meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek pada peserta didik kelas IX MTs Negeri 3 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025. Artinya, hipotesis penulis diterima dan terbukti kebenarannya
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 02:42 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 02:42 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/893 |
