Sundari, Sofiaturohmah (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN TEKS BERITA (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. cover.pdf
Download (222kB)
2. pengesahan.pdf
Download (315kB)
3. pernyataan.pdf
Download (238kB)
4.abstrak.pdf
Download (273kB)
5. kata pengantar.pdf
Download (236kB)
6. daftar isi.pdf
Download (199kB)
7. bab 1.pdf
Download (252kB)
8. bab 2.pdf
Download (335kB)
9. bab 3.pdf
Download (404kB)
10. bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (601kB)
11. bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (239kB)
12. daftar pustaka.pdf
Download (177kB)
13. biodata.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (177kB)
14. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Model pembelajaran merupakan salah satu komponen yang menentukan keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Circuit Learning terhadap kemampuan mengidentifikasi struktur dan kaidah kebahasaan teks berita pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 6 Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang penulis gunakan yakni metode eksperimen semu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, dan tes. Populasi penelitian ini yakni peserta didik kelas VII SMP Negeri 6 Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII B yang berjumlah 34 orang sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VII C yang berjumlah 34 orang sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata pre-test pada pembelajaran mengidentifikasi struktur dan kaidah kebahasaan teks berita di kelas eksperimen sebesar 58,56 dan rata-rata nilai post-test di kelas eksperimen sebesar 84,18. Rata-rata nilai pre-test pada pembelajaran mengidentifikasi struktur dan kaidah kebahasaan teks berita di kelas kontrol sebesar 58,12 dan rata-rata nilai post-test di kelas kontrol sebesar 80,53. Presentase hasil uji N Gain penerapan model pembelajaran Circuit Learning di kelas eksperimen sebesar 72% sedangkan presentase pengaruh model pembelajaran Discovery Learning di kelas kontrol sebesar 51%. Hasil uji Wilcoxon rata-rata post-test di kelas eskperimen dan di kelas kontrol menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig 0,022 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis penelitian ini dapat diterima. Artinya model pembelajaran Circuit Learning berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi struktur dan kaidah kebahasaan teks berita pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 6 Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 02:38 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 02:38 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/891 |
