SAKTI, DHIA FAUZAN (2025) EFISIENSI SALURAN PEMASARAN MANGGIS DARI DESA MATENGGENG SAMPAI KE KECAMATAN DAYEUHLUHUR KABUPATEN CILACAP. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1 COVER.pdf
Download (22kB)
2 BEBAS PLAGIAT.pdf
Download (349kB)
3 ABSTRAK.pdf
Download (144kB)
4 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (312kB)
5 KATA PENGANTAR.pdf
Download (122kB)
6 DAFTAR ISI.pdf
Download (185kB)
7 DAFTAR TABEL.pdf
Download (77kB)
8 DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (7kB)
9 DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (73kB)
10 BAB I.pdf
Download (100kB)
11 BAB II.pdf
Download (270kB)
12 BAB III.pdf
Download (313kB)
13 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (108kB)
14 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (536kB)
15 BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (73kB)
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (147kB)
17 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (722kB)
Abstract
Manggis (Garcinia mangostana L.) merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh di daerah tropis. Manggis merupakan komoditas yang memiliki peran penting bagi perdagangan nasional dan memiliki potensi ekspor yang sangat besar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis saluran pemasaran komoditas manggis (2) Menganalisis efisiensi pemasaran pada masing-masing saluran pemasaran manggis. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode survei. Penelitian dilaksanakan di Desa Matenggeng, Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap dilakukan pada bulan April hingga Februari 2025. Responden ditentukan dengan menggunakan snowball sampling. Analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Analisis deskriptif digunakan untuk analisis saluran pemasaran manggis dan analisis kuantitatif yang digunakan yaitu margin pemasaran, farmer’s share dan efisiensi pemasaran. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat 3 pola tingkat saluran pemasaran, yaitu Saluran Satu Tingkat : Produsen – Pedagang Pengumpul – Konsumen Akhir, Saluran Dua Tingkat : Produsen – Pedagang Pengumpul – Pedagang Pengecer – Konsumen Akhir, Saluran Tiga Tingkat : Produsen – Pedagang Pengumpul – Pedagang Besar – Pedagang Pengecer – Konsumen Akhir. Berdasarkan analisis efisiensi saluran pemasaran yang memiliki nilai paling efisien terdapat pada saluran satu tingkat.
Kata kunci: saluran, pemasaran, efisiensi dan manggis.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) | 
| Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis | 
| Depositing User: | Lelis Marsidah | 
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 04:21 | 
| Last Modified: | 04 Nov 2025 04:21 | 
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/753 | 
