Kulsum, Dede (2025) PEMANFAATAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT ADAT KAMPUNG KUTA SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS UNTUK MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN KERAGAMAN BUDAYA (Studi pada Siswa Kelas 7 di SMP Terpadu Ar-Risalah Ciamis). Masters thesis, Universitas Siliwangi.
JUDUL.pdf
Download (90kB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (49kB)
ABSTRAK.pdf
Download (227kB)
KATA PENGANTAR.pdf
Download (159kB)
DAFTAR ISI.pdf
Download (286kB)
BAB I.pdf
Download (187kB)
BAB II.pdf
Download (716kB)
BAB III.pdf
Download (304kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (191kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (204kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Kearifan lokal mencakup nilai-nilai, tradisi, dan kebijaksanaan yang berkembang dalam suatu masyarakat memiliki berbagai kepentingan untuk memperkaya pembelajaran di sekolah. Namun keberadaan nilai-nilai kearifan lokal sebagai sumber belajar masih sangat minim dimanfaatkan. Salah satu upaya untuk mengatasi minimnya pemanfatan nilai-nilai kearifan lokal sebagai sumber belajar adalah melalui penggalian, identifikasi materi yang sesuai dan juga identifikasi potensi lokal yang bisa dijadikan sumber belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi nilai-nilai kearifan lokal masyarakat adat Kampung Kuta yang kemudian dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS untuk mengembangkan pemahaman keragaman budaya pada siswa kelas 7 di SMP Terpadu Ar-Risalah Ciamis. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode etnografi. Subjek penelitian ini terdiri dari guru IPS SMP Terpadu Ar-Risalah, peserta didik kelas 7A, dan Kepala Sekolah. Pengumpulan data diperoleh melalaui wawancara, observasi, studi literatur, studi dokumentasi. dengan menggunakan analisis Deskriptif kualitatif, Analisis isi, tematik dan triangulasi data. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Nilai-nilai kearifan lokal masyarakat Adat Kampung Kuta terdiri dari: gotong royong, saling berbagi, saling menghargai, tolong-menolong, penghormatan terhadap alam, dan kesederhanaan berpotensi sebagai sumber belajar IPS untuk menumbuhkan pemahaman keragaman budaya dan membentuk karakter siswa yang inklusif dan berbudaya. 2) Pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal Kampung Kuta di SMP Terpadu Ar-Risalah melalui kunjungan lapangan, media digital, diskusi, dan refleksi mampu menanamkan nilai gotong royong, kesederhanaan, dan penghormatan terhadap alam. Pendekatan ini memperkuat pemahaman, empati, dan kesadaran budaya siswa, menjadikan kearifan lokal sebagai sumber belajar yang transformatif. Berdasarkan uraian diatas, maka nilai-nilai kearifan lokal masyarakat adat Kampung Kuta dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS untuk mengembangkan pemahaman keragaman budaya.
Kata Kunci: Nilai-nilai Kearifan Lokal, Sumber Belajar IPS, Keaneka Ragaman Budaya
| Item Type: | Thesis (Masters) | 
|---|---|
| Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General)  | 
        
| Divisions: | Pascasarjana > S2 Pendidikan Geografi | 
| Depositing User: | Lelis Marsidah | 
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 08:07 | 
| Last Modified: | 03 Nov 2025 08:07 | 
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/708 | 
