MAULIDIA, REVINA (2025) PENGARUH HARGA, CITA RASA, DAN KESADARAN HALAL TERHADAP MINAT BELI ULANG MIE GACOAN (Studi Kasus Pada Konsumen Gen Z Muslim Kota Tasikmalaya). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (42kB)
2. PENGESAHAN.pdf
Download (303kB)
3. PERNYATAAN.pdf
Download (267kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (38kB)
5. PEDOMAN TRANSLITERASI ARAB LATIN.pdf
Download (196kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (149kB)
7. DAFTAR ISI.pdf
Download (54kB)
8. BAB I.pdf
Download (188kB)
9. BAB II.pdf
Download (339kB)
10. BAB III.pdf
Download (257kB)
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (310kB)
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (100kB)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (186kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (317kB)
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (108kB)
Abstract
Mie Gacoan telah mencapai popularitas yang tinggi di kalangan konsumen Indonesia khususnya kalangan Gen Z. Meskipun Mie Gacoan memiliki popularitas yang tinggi, namun Mie Gacoan memiliki banyak pesaing. Di Kota Tasikmalaya, Mie Gacoan didominasi oleh pesaing dari produk makanan sejenis dan produk makanan lainnya. Sehingga adanya produk pesaing ini memengaruhi minat beli ulang konsumen Mie Gacoan. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan pada konsumen muslim Mie Gacoan, didapatkan beberapa faktor yang memengaruhi minat beli ulang Mie Gacoan, diantaranya yaitu harga, cita rasa dan kesadaran halal. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, cita rasa dan kesadaran halal terhadap minat beli ulang Mie Gacoan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kausalitas dengan metode kuantitatif dengan teknis analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling-Partial Least Square (SEM-PLS).Populasi pada penelitian ini yaitu konsumen Gen Z Muslim di Kota Tasikmalaya. Dengan teknik pengumpulan data berupa penyebaran kuisioner dengan jumlah sampel sebanyak 200 konsumen Gen Z muslim di Kota Tasikmalaya yang pernah melakukan pembelian di cabang Mie Gacoan Kota Tasikmalaya. Hasil penelitian menunjukan variabel harga, cita rasa dan kesadaran halal memiliki pengaruh terhadap minat beli ulang Mie Gacoan. Hasil uji t harga memperoleh t hitung sebesar 2,555 dengan signifikansi 0,011<0,05. Hasil uji t cita rasa memperoleh t hitung sebesar 6,294 dengan signifikansi 0,000<0,05. Hasil uji t kesadaran halal memperoleh t hitung sebesar 2,808 dengan signifikansi 0,005<0,05. Berdasarkan Hasil uji R-Square menunjukan pengaruh harga, cita rasa dan kesadaran halal terhadap minat beli ulang sebesar 0,407 atau 40,7 %, sedangkan sisanya dipegaruhi variabel lain diluar penelitian.
Maka dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, ketiga variabel yaitu harga, cita rasa dan kesadaran halal memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli ulang Mie Gacoan. Implikasi bagi produsen Mie Gacoan diharapkan dapat mempertahankan harga dan meningkatkan cita rasa dari produk Mie Gacoan dengan membuat variasi rasa baru atau dengan mempertahankan cita rasa khas dari Mie Gacoan. Selain itu, informasi mengenai kehalalan dari Mie Gacoan dapat terus di publikasikan melalui sosial media atau media lain sehingga konsumen akan mengetahui mengenai kehalalan Mie Gacoan dan akan meningkatkan kesadaran halal konsumen dalam mengonsumsi produk.
Kata Kunci: Harga, Cita Rasa, Kesadaran Halal, Minat Beli Ulang.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Pascasarjana > Ekonomi Syariah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Fakultas Ekonomi > Ekonomi Syariah |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | dewi dewi dewi |
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 07:12 |
| Last Modified: | 03 Nov 2025 07:12 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/702 |
