Nurwahidah, Laela (2025) EVALUASI PROGRAM PELATIHAN SENI MUSIK (GITAR) DENGAN MODEL KIRKPATRICK (Studi pada Angkatan VIII Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Golden Voice Kota Tasikmalaya). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1 COVER.pdf
Download (554kB)
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (472kB)
3 LEMBAR PENGUJI.pdf
Download (171kB)
4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (152kB)
5 HALAMAN PRIBADI & ABSTRAK.pdf
Download (619kB)
6 KATA PENGANTAR.pdf
Download (415kB)
7 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (600kB)
8 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf
Download (882kB)
9 BAB 1.pdf
Download (772kB)
10 BAB 2.pdf
Download (1MB)
11 BAB 3.pdf
Download (745kB)
12 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
13 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (750kB)
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (541kB)
15 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
16 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (514kB)
Abstract
Pada pelaksanaan pelatihan seni musik (gitar) di LPK Golden Voice terlihat beberapa kendala yang terjadi, juga terkait evaluasi yang telah dilakukan menunjukkan hasil bahwa kurang optimalnya waktu pembelajaran yang diberikan dalam mencapai hasil yang maksimal. Tujuan penelitian untuk mengetahui hasil evaluasi program pelatihan seni musik (gitar) dengan model kirkpatrick sebagai masukan kepada penyelenggara untuk dapat memperbaiki program pelatihan. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Evaluasi reaction respon warga belajar yang positif dalam arti puas terhadap materi yang disampaikan, minat dan motivasi yang terlihat cukup tinggi, serta fasilitas yang tersedia meskipun terdapat kendala pada keterbatasan waktu serta kenyamanan tempat. Evaluasi learning memberikan dampak positif yang cukup signifikan, adanya kemajuan dari setiap sesi pelatihan serta lulus ujian teori dan praktik, meskipun beberapa warga belajar terlihat masih terkendala dalam praktik sehingga perlu dimaksimalkan kembali. Evaluasi behavior, adanya perubahan keterampilan dan perilaku yang positif, namun kurangnya penerapan transfer of learning di kehidupan nyata sehingga diperlukan kerja sama lebih lanjut dengan dunia industri musik. Evaluasi results memberikan dampak positif, adanya peningkatan keterampilan dan percaya diri dalam bermain gitar di depan publik, serta memperkuat citra LPK Golden Voice sebagai pusat pengembangan keterampilan seni musik di Kota Tasikmalaya. Simpulan hasil evaluasi Kirkpatrick dapat memberi masukan evaluasi terkait penerapan transfer of learning dari program pendampingan magang untuk dapat ditingkatkan kembali guna mendapatkan peningkatan keterampilan warga belajar.
Kata Kunci: Evaluasi Program, LPK Golden Voice, Model Kirkpatrick, Pelatihan
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat | 
| Depositing User: | dewi dewi dewi | 
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 04:11 | 
| Last Modified: | 03 Nov 2025 04:11 | 
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/696 | 
