PENGARUH PENERAPAN BAHAN AJAR BERBASIS MICROLEARNING PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SPASIAL PESERTA DIDIK (Studi Kelas XI IPS pada Materi Keanekaragaman Hayati di SMA Al-Islam Cirebon)

SAPTAJI, AGUNG EKA (2025) PENGARUH PENERAPAN BAHAN AJAR BERBASIS MICROLEARNING PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SPASIAL PESERTA DIDIK (Studi Kelas XI IPS pada Materi Keanekaragaman Hayati di SMA Al-Islam Cirebon). Masters thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 01. Cover.pdf] Text
01. Cover.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 02. Lembar Pengesahan.pdf] Text
02. Lembar Pengesahan.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 03.Pernyataan Agung Eka Saptaji.pdf] Text
03.Pernyataan Agung Eka Saptaji.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 04. Abstrak.pdf] Text
04. Abstrak.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 05 Kata Pengantar & Ucapan Terimakasih.pdf] Text
05 Kata Pengantar & Ucapan Terimakasih.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of 06. Daftar isi, Daftar Tabel & Daftar Gambar.pdf] Text
06. Daftar isi, Daftar Tabel & Daftar Gambar.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of 07. BAB I.pdf] Text
07. BAB I.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 08. BAB II.pdf] Text
08. BAB II.pdf

Download (782kB)
[thumbnail of 09. BAB III.pdf] Text
09. BAB III.pdf

Download (614kB)
[thumbnail of 10. BAB IV.pdf] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 11. BAB V.pdf] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[thumbnail of 12. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 13. LAMPIRAN.pdf] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 14. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
14. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh rendahnya pemanfaatan teknologi pembelajaran yang optimal di SMA Al-Islam Cirebon, meskipun telah tersedia fasilitas seperti komputer dan akses internet. Pembelajaran geografi masih didominasi metode konvensional yang kurang interaktif, sehingga belum mampu mendorong pengembangan kemampuan berpikir kritis dan berpikir spasial peserta didik secara maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan bahan ajar berbasis microlearning terhadap kemampuan berpikir kritis dan spasial peserta didik kelas XI IPS pada materi keanekaragaman hayati. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen dan desain pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes kemampuan berpikir kritis dan spasial yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih secara purposive, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan bahan ajar berbasis microlearning dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian terdiri dari observasi, angket, dan tes, yang telah divalidasi oleh ahli serta diuji reliabilitasnya. Penerapan bahan ajar microlearning dilakukan pada kelas eksperimen dengan format video singkat, infografis, dan animasi yang diakses secara digital. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa bahan ajar berada dalam kategori sangat layak dari segi isi, tampilan, serta efektivitas penyampaian. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji paired sample t-test dan N-Gain Score, terdapat peningkatan signifikan pada kemampuan berpikir kritis dan spasial siswa setelah penggunaan bahan ajar berbasis microlearning. Perbandingan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan perbedaan hasil belajar yang signifikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa bahan ajar berbasis microlearning efektif meningkatkan kualitas pembelajaran geografi, khususnya pada aspek berpikir kritis dan spasial peserta didik. Bahan ajar Microlearning yang dikemas dalam video singkat, infografis, animasi, dan peta digital interaktif terbukti memfasilitasi pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik, seperti kemampuan merumuskan masalah, mengumpulkan informasi, menganalisis pola spasial, serta menyusun kesimpulan dan solusi. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Microlearning dapat dijadikan strategi pembelajaran inovatif dan efektif dalam pembelajaran geografi, khususnya untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan spasial peserta didik sesuai tuntutan pembelajaran abad 21.

Kata Kunci: Microlearning, Bahan Ajar Digital, Berpikir Kritis, Berpikir Spasial, Pembelajaran Geografi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 03 Nov 2025 03:20
Last Modified: 03 Nov 2025 03:20
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/683

Actions (login required)

View Item
View Item