RAMDANI, EMIRA PUTRI (2025) STRATEGI LEMBAGA PENDIDIKAN PRAWITA DALAM PENGEMBANGAN SOFT SKILL PESERTA KURSUS (Studi di Lembaga Pendidikan Prawita Kota Tasikmalaya). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. Cover.pdf
Download (34kB)
2. Lembar Pengesahan.pdf
Download (89kB)
3. Lembar Penguji.pdf
Download (128kB)
4. Pernyataan Keaslian.pdf
Download (182kB)
5. Halaman Pribadi.pdf
Download (113kB)
6. Abstrak.pdf
Download (14kB)
7. Kata Pengantar.pdf
Download (7kB)
8. Ucapan Terimakasih.pdf
Download (11kB)
9. Daftar Isi.pdf
Download (188kB)
10. Daftar Tabel.pdf
Download (7kB)
11. Daftar Gambar.pdf
Download (6kB)
12. Daftar Lampiran.pdf
Download (7kB)
13. Bab I.pdf
Download (148kB)
14. Bab II.pdf
Download (763kB)
15. Bab III.pdf
Download (85kB)
16. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (367kB)
17. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9kB)
18. Daftar Pustaka.pdf
Download (243kB)
19. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Era industri yang terus membawa perubahan termasuk pada kebutuhan sumber daya manusia yang kompeten. Pendidikan non-formal, seperti kursus dan pelatihan sangat berperan penting dalam mengembangkan soft skill seorang individu seperti komunikasi, pemecahan masalah, manajemen waktu, percaya diri, dan kerja tim guna menghasilkan SDM yang berkualitas dan kompeten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh Lembaga Pendidikan Prawita Kota Tasikmalaya dalam pegembangan soft skill peserta kursus. Metode Penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu Lembaga Pendidikan Prawita memiliki strategi khusus dalam pengembangan soft skill peserta kursus yang akan terus diperbarui dan dievaluasi berdasarkan pada relevansi dan kebutuhan masyarakat yang sedang terjadi. Strategi yang dilakukan oleh Lembaga Pendidikan Prawita dalam pengembangan soft skill peserta meliputi kurikulum yang terintegrasi dengan adanya strategi pembelajran yang efektif dan menyenangkan, mengimplementasikan pembelajaran berbasis proyek, melakukan evaluasi terhadap pengembangan soft skill peserta, dan penilaian berbasis kompetensi. Simpulan dari penelitian ini bahwa Lembaga Pendidikan Prawita selalu konsisten dalam berupaya untuk meningkatkan dan mengembangkan soft skill peserta kursus yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan, agar mampu menghasilkan lulusan yang bisa bersaing di dunia kerja diantaranya soft skill pemecahan masalah, manajemen waktu, komunikasi, kerja sama tim, dan lainnya.
Kata Kunci: Strategi Kelembagaan, Soft Skill, Kursus dan Pelatihan
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat | 
| Depositing User: | dewi dewi dewi | 
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 02:41 | 
| Last Modified: | 03 Nov 2025 02:41 | 
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/670 | 
