PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH (Studi Penelitian Terhadap Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Taraju Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

Setiawardana, Taofik Ramadan (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH (Studi Penelitian Terhadap Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Taraju Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR REVISI.pdf] Text
3. LEMBAR REVISI.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 5. HALAMAN PRIBADI.pdf] Text
5. HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7. ABSTRAK.pdf] Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8. DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 9. BAB I.pdf] Text
9. BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 10. BAB II.pdf] Text
10. BAB II.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 11. BAB III.pdf] Text
11. BAB III.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 12. BAB IV.pdf] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 13. BAB V.pdf] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 15. LAMPIRAN.pdf] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan kasus covid-19 dalam kehidupan manusia senantiasa masih mempengaruhi proses pembelajaran disekolah hal ini terlihat dari pemanfaatan E-Learning dalam proses pembelajaran. salah satu media yang dapat digunakan dalam e-learning adalah edmodo. Edmodo adalah platform pembelajaran yang aman bagi guru, siswa, dan sekolah yang berbasis sosial media. Edmodo menyediakan cara yang aman dan mudah untuk terhubung dengan guru dan siswa lain. Melalui edmodo guru dan siswa dapat berbagi dokumen dalam bentuk buku maupun tautan internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media edmodo terhadap hasil belajar pada mata pelajaran sejarah khususnya materi sejarah indonesia Studi Penelitian Terhadap Siswa Kelas XII IPS 3 SMA Negeri Taraju. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dimana desain yang digunakan adalah Purpossive nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Taraju dengan Sample penelitian kelas XII IPS 3 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media edmodo dan kelas XII IPS 1 sebagai kelas kontrol menggunakan media yang ada dikelas. Penelitian dilakukan selama dua minggu disekolah dengan teknik pengumpulan data berupa tes dalam bentuk pilihan ganda yang terdiri dari pretest dan posttest dan dianalisis menggunakan teknik regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 27. Berdasarkan hasil penelitian dan dilakukan perhitungan menggunakan Uji-t (Independent Sample T-test) pada kedua kelas dan diperoleh nilai pada equal variances assumed yaitu nilai Sig.(2-tailed) 0,029 atau Sig.(2-tailed)<0,05 (5%). Naka disimpulkan bahwa (H0 ) ditolak dan (H1 ) diterima, yang berarti menunjukkan bahwa penelitian dengan menggunakan media edmodo terhadap pembelajaran Sejarah membuat hasil belajar lebih baik dari kelas yang menggunakan media konvensional. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya integrasi media sosial dalam konteks pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar.

Kata kunci: Edmodo, Media Sosial, Hasil Belajar Siswa, Pendidikan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: user1 user1 user1
Date Deposited: 23 Oct 2025 04:08
Last Modified: 23 Oct 2025 04:11
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/66

Actions (login required)

View Item
View Item