Setiawardana, Taofik Ramadan (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH (Studi Penelitian Terhadap Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Taraju Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (1MB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (216kB)
3. LEMBAR REVISI.pdf
Download (228kB)
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (198kB)
5. HALAMAN PRIBADI.pdf
Download (1MB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (1MB)
7. ABSTRAK.pdf
Download (1MB)
8. DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf
Download (1MB)
9. BAB I.pdf
Download (1MB)
10. BAB II.pdf
Download (1MB)
11. BAB III.pdf
Download (1MB)
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB)
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Perkembangan kasus covid-19 dalam kehidupan manusia senantiasa masih mempengaruhi proses pembelajaran disekolah hal ini terlihat dari pemanfaatan E-Learning dalam proses pembelajaran. salah satu media yang dapat digunakan dalam e-learning adalah edmodo. Edmodo adalah platform pembelajaran yang aman bagi guru, siswa, dan sekolah yang berbasis sosial media. Edmodo menyediakan cara yang aman dan mudah untuk terhubung dengan guru dan siswa lain. Melalui edmodo guru dan siswa dapat berbagi dokumen dalam bentuk buku maupun tautan internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media edmodo terhadap hasil belajar pada mata pelajaran sejarah khususnya materi sejarah indonesia Studi Penelitian Terhadap Siswa Kelas XII IPS 3 SMA Negeri Taraju. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dimana desain yang digunakan adalah Purpossive nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Taraju dengan Sample penelitian kelas XII IPS 3 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media edmodo dan kelas XII IPS 1 sebagai kelas kontrol menggunakan media yang ada dikelas. Penelitian dilakukan selama dua minggu disekolah dengan teknik pengumpulan data berupa tes dalam bentuk pilihan ganda yang terdiri dari pretest dan posttest dan dianalisis menggunakan teknik regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 27. Berdasarkan hasil penelitian dan dilakukan perhitungan menggunakan Uji-t (Independent Sample T-test) pada kedua kelas dan diperoleh nilai pada equal variances assumed yaitu nilai Sig.(2-tailed) 0,029 atau Sig.(2-tailed)<0,05 (5%). Naka disimpulkan bahwa (H0 ) ditolak dan (H1 ) diterima, yang berarti menunjukkan bahwa penelitian dengan menggunakan media edmodo terhadap pembelajaran Sejarah membuat hasil belajar lebih baik dari kelas yang menggunakan media konvensional. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya integrasi media sosial dalam konteks pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar.
Kata kunci: Edmodo, Media Sosial, Hasil Belajar Siswa, Pendidikan
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LA History of education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 23 Oct 2025 04:08 |
| Last Modified: | 23 Oct 2025 04:11 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/66 |
