Septiani, D Fita (2025) PERAN PERSONAL GROWTH INITIATIVE SEBAGAI UPAYA MEMINIMALISIR PROKRASTINASI AKADEMIK (Studi Kasus Pada Peserta Didik XI IPS SMAN 1 Kawali). Other thesis, Univeritas Siliwangi.
COVER.pdf
Download (490kB)
PENGESAHAN.pdf
Download (276kB)
PENGUJI.pdf
Download (295kB)
PERNYATAAN.pdf
Download (287kB)
HALAMAN PRIBADI.pdf
Download (297kB)
ABSTRAK.pdf
Download (585kB)
ABSTRACT.pdf
Download (585kB)
KATA PENGANTAR.pdf
Download (477kB)
UCAPAN TERIMAKASIH.pdf
Download (398kB)
DAFTAR ISI.pdf
Download (509kB)
DAFTAR TABEL.pdf
Download (394kB)
DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (394kB)
DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (394kB)
BAB I.pdf
Download (601kB)
BAB II.pdf
Download (622kB)
BAB III.pdf
Download (543kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (653kB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (506kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (520kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (662kB)
Abstract
Tuntutan pendidikan mendorong peserta didik untuk menyeimbangkan kewajiban sekolah dengan aspek lain dalam kehidupan. Namun, kurangnya pengelolaan waktu belajar yang baik sering menyebabkan penundaan tugas, keterlambatan menyelesaikan pekerjaan, dan penundaan persiapan ujian. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran personal growth initiative (PGI) dalam meminimalisir prokrastinasi akademik pada peserta didik IPS di SMAN 1 Kawali. Data dikumpulkan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi langsung dengan guru dan peserta didik. Selanjutnya, data yang terkumpul dianalisis dengan triangulasi untuk mengidentifikasi pola, tren, dan hubungan antara variabel personal growth initiative terhadap prokrastinasi akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat PGI yang tinggi memiliki pengaruh positif dalam mengurangi perilaku prokrastinasi. Peserta didik dengan PGI tinggi cenderung memiliki tujuan yang jelas, kemampuan mengelola waktu, dan kemampuan memprioritaskan tugas, sehingga lebih fokus dan mampu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Sebaliknya, peserta didik dengan PGI rendah cenderung mengalami kesulitan dalam merencanakan dan mengatur waktu, membuat mereka lebih rentan terhadap perilaku prokrastinasi dan kurang termotivasi untuk belajar.
Kata Kunci: Personal Growth Initiative, Prokrastinasi Akademik
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 02 Nov 2025 06:37 |
| Last Modified: | 02 Nov 2025 06:37 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/627 |
