EVALUASI PELATIHAN KINERJA BARISTA BERBASIS MODEL KIRKPATRICK (Studi evaluatif pada Pelatihan Kerja di We Coffee House Tasikmalaya)

PUSPITA, RATNA DEA (2025) EVALUASI PELATIHAN KINERJA BARISTA BERBASIS MODEL KIRKPATRICK (Studi evaluatif pada Pelatihan Kerja di We Coffee House Tasikmalaya). Other thesis, Univeritas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PENGUJI.pdf] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of 4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 5. HALAMAN PRIBADI.pdf] Text
5. HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of 6. ABSTRAK DAN ABSTRACT.pdf] Text
6. ABSTRAK DAN ABSTRACT.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of 7. KATA PENGANTAR (1).pdf] Text
7. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf] Text
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR ISI.pdf] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR TABEL.pdf] Text
10. DAFTAR TABEL.pdf

Download (30kB)
[thumbnail of 11. DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
11. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (29kB)
[thumbnail of 12. DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
12. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of 13. BAB I.pdf] Text
13. BAB I.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 14. BAB II.pdf] Text
14. BAB II.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 15. BAB III.pdf] Text
15. BAB III.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 16. BAB IV.pdf] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[thumbnail of 17. BAB V.pdf] Text
17. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[thumbnail of 18. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 19. LAMPIRAN.pdf] Text
19. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Menjamurnya minat terhadap kopi menyebabkan setiap perusahaan bersaingkhususnya dalam meningkatkan kualitas kinerja barista. We Coffee House telahmenyelenggarakan pelatihan dengan tujuan penambahan karyawan dan sebagaidaya tarik bagi konsumen. Tetapi, dalam pelaksanaannya terdapat beberapaermasalahan terkait manajemen pelatihan mulai dari perencanaan, jangka waktupelatihan, dan evaluasi yang kurang relevan. Oleh sebab itu, melalui penelitian inibertujuan untuk mengetahui evaluasi pelatihan kinerja barista berbasis modelKirkpatrick (reaksi, belajar, perilaku, dampak). Penelitian ini dilakukan denganmetode penelitian kualitatif menggunakan teknik pengambilan data purposivesampling dilaksanakan melalui proses observasi, wawancara, dan dokumentasiserta dilakukan di We Coffee House Tasikmalaya. Hasil penelitian ini yaitu dalamevaluasi reaksi dapat diketahui bahwa peserta merasa puas dan senang terhadappenyelenggaraan dan tutor pelatihan tetapi beberapa sarana dan jadwal pelatihanyang diberikan kurang memadai. Evaluasi belajar dalam pelatihan ini menghasilkanpeserta yang mampu meningkatkan aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilanmenjadi lebih kompeten. Evaluasi perilaku mendapati bahwa peserta konsistendalam menerapkan aspek belajar yang telah dilatih sebelumnya saat di lingkungankerja, meskipun belum maksimal karena diperlukan adaptasi lebih lanjut sepertidalam kerjasama tim dan kedisiplinan. Evaluasi dampak menghasilkan bahwapelatihan berdampak secara signifikan bagi kualitas kerja peserta dan berdampakpada perusahaan karena mempengaruhi profit atau produktivitas perusahaan.Sehingga dapat disimpulkan bahwa pelatihan cukup berhasil dan dapat dilanjutkankembali dengan beberapa poin perbaikan di masa depan

Kata Kunci: Pelatihan, Evaluasi Model Kirkpatrick, Barista

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: user1 user1 user1
Date Deposited: 02 Nov 2025 01:49
Last Modified: 02 Nov 2025 01:49
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/620

Actions (login required)

View Item
View Item