PUSPITA, RATNA DEA (2025) EVALUASI PELATIHAN KINERJA BARISTA BERBASIS MODEL KIRKPATRICK (Studi evaluatif pada Pelatihan Kerja di We Coffee House Tasikmalaya). Other thesis, Univeritas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (55kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (130kB)
3. LEMBAR PENGUJI.pdf
Download (116kB)
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (110kB)
5. HALAMAN PRIBADI.pdf
Download (105kB)
6. ABSTRAK DAN ABSTRACT.pdf
Download (37kB)
7. KATA PENGANTAR (1).pdf
Download (81kB)
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (105kB)
9. DAFTAR ISI.pdf
Download (35kB)
10. DAFTAR TABEL.pdf
Download (30kB)
11. DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (29kB)
12. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (31kB)
13. BAB I.pdf
Download (169kB)
14. BAB II.pdf
Download (233kB)
15. BAB III.pdf
Download (148kB)
16. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (376kB)
17. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (36kB)
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (182kB)
19. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Menjamurnya minat terhadap kopi menyebabkan setiap perusahaan bersaingkhususnya dalam meningkatkan kualitas kinerja barista. We Coffee House telahmenyelenggarakan pelatihan dengan tujuan penambahan karyawan dan sebagaidaya tarik bagi konsumen. Tetapi, dalam pelaksanaannya terdapat beberapaermasalahan terkait manajemen pelatihan mulai dari perencanaan, jangka waktupelatihan, dan evaluasi yang kurang relevan. Oleh sebab itu, melalui penelitian inibertujuan untuk mengetahui evaluasi pelatihan kinerja barista berbasis modelKirkpatrick (reaksi, belajar, perilaku, dampak). Penelitian ini dilakukan denganmetode penelitian kualitatif menggunakan teknik pengambilan data purposivesampling dilaksanakan melalui proses observasi, wawancara, dan dokumentasiserta dilakukan di We Coffee House Tasikmalaya. Hasil penelitian ini yaitu dalamevaluasi reaksi dapat diketahui bahwa peserta merasa puas dan senang terhadappenyelenggaraan dan tutor pelatihan tetapi beberapa sarana dan jadwal pelatihanyang diberikan kurang memadai. Evaluasi belajar dalam pelatihan ini menghasilkanpeserta yang mampu meningkatkan aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilanmenjadi lebih kompeten. Evaluasi perilaku mendapati bahwa peserta konsistendalam menerapkan aspek belajar yang telah dilatih sebelumnya saat di lingkungankerja, meskipun belum maksimal karena diperlukan adaptasi lebih lanjut sepertidalam kerjasama tim dan kedisiplinan. Evaluasi dampak menghasilkan bahwapelatihan berdampak secara signifikan bagi kualitas kerja peserta dan berdampakpada perusahaan karena mempengaruhi profit atau produktivitas perusahaan.Sehingga dapat disimpulkan bahwa pelatihan cukup berhasil dan dapat dilanjutkankembali dengan beberapa poin perbaikan di masa depan
Kata Kunci: Pelatihan, Evaluasi Model Kirkpatrick, Barista
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat | 
| Depositing User: | user1 user1 user1 | 
| Date Deposited: | 02 Nov 2025 01:49 | 
| Last Modified: | 02 Nov 2025 01:49 | 
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/620 | 
