PERBANDINGAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN KEMANDIRIAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PJOK

MUHAMMAD RIZKY, TAUFIK (2025) PERBANDINGAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN KEMANDIRIAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PJOK. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PENGUJI.pdf] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of 4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of 5. HALAMAN PRIBADI.pdf] Text
5. HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (3kB)
[thumbnail of 6. ABSTRAK.pdf] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of 7. KATA PENGANTAR.pdf] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of 8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf] Text
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (6kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR ISI.pdf] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (22kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (5kB)
[thumbnail of 11. DAFTAR TABEL.pdf] Text
11. DAFTAR TABEL.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 12. DAFTAR DIAGRAM.pdf] Text
12. DAFTAR DIAGRAM.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of 13. DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
13. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 14. BAB I.pdf] Text
14. BAB I.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 15. BAB II.pdf] Text
15. BAB II.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 16. BAB III.pdf] Text
16. BAB III.pdf

Download (391kB)
[thumbnail of 17. BAB IV.pdf] Text
17. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (818kB)
[thumbnail of 18. BAB V.pdf] Text
18. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[thumbnail of 19. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 20. LAMPIRAN.pdf] Text
20. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 21. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
21. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu ketidakmandirian siswa dengan kurangnya keterampilan metakognitif. Keterampilan metakognitif mencakup pemahaman akan proses belajar, kesadaran akan strategi belajar yang efektif, serta kemampuan untuk memantau dan mengevaluasi pemahaman diri terhadap materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model direct Intruction memiliki dampak pada tingkat kemandirian siswa dalam pembelajaran PJOK, mengetahui apakah penerapan model Inquiry memiliki dampak pada tingkat kemandirian siswa dalam pembelajaran PJOK dan menentukan model pembelajaran yang memiliki pengaruh lebih besar antara Direct Intruction dan Inquiry terhadap tingkat kemandirian siswa dalam pembelajaran PJOK. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan teknik pengambilan data menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Kersamanah Garut yang berjumlah 8 kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 peserta didik yang terdiri kelas VIII 1-8. Hasil penelitian menunjukan bahwa perbandingan pengaruh model pembelajaran Direct Intruction dan model pembelajaran Inquiry terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan kemandirian belajar siswa pada pelajaran PJOK. Model pembelajaran Inquiry lebih efektif dibandingkan model pembelajaran Direct Intruction terhadap kemampuan kemandirian siswa dalam pembelajaran PJOK

Kata Kunci : Direct Intruction, Inquiry, Kemandirian Belajar, PJOK

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani
Depositing User: user1 user1 user1
Date Deposited: 23 Oct 2025 02:27
Last Modified: 23 Oct 2025 02:27
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/60

Actions (login required)

View Item
View Item