PEMANFAATAN APLIKASI WHATSAPP GROUP CHAT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA PROGRAM PAKET C (Studi di PKBM Istiqamatul Fuadi Kota Tasikmalaya)

AINURRAFIQ, IMTYAZ NAZIFA (2025) PEMANFAATAN APLIKASI WHATSAPP GROUP CHAT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA PROGRAM PAKET C (Studi di PKBM Istiqamatul Fuadi Kota Tasikmalaya). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (462kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (331kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of 6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf] Text
6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR ISI.pdf] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of 8. BAB 1.pdf] Text
8. BAB 1.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 9. BAB 2.pdf] Text
9. BAB 2.pdf

Download (494kB)
[thumbnail of 10. BAB 3.pdf] Text
10. BAB 3.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of 11. BAB 4.pdf] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[thumbnail of 12. ABB  5.pdf] Text
12. ABB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (331kB)
[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 15. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)

Abstract

Program pembelajaran Paket C di PKBM Istiqamatul Fuadi, Tasikmalaya, menghadapi tantangan dalam menjaga keterlibatan warga belajar yang memiliki kesibukan tinggi, seperti bekerja dan mengurus keluarga. Kondisi ini menyebabkan rendahnya tingkat kehadiran serta minimnya interaksi selama proses pembelajaran tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan aplikasi WhatsApp Group Chat sebagai media pembelajaran alternatif dalam mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan melibatkan enam partisipan, yang terdiri dari tutor dan warga belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan WhatsApp Group Chat mempermudah komunikasi antara tutor dan warga belajar, memberikan fleksibilitas waktu belajar, serta mendukung distribusi materi secara lebih efisien. Namun, penelitian ini juga menemukan beberapa hambatan seperti keterbatasan akses internet, rendahnya motivasi belajar, dan kurangnya interaksi tatap muka. Solusi yang diterapkan meliputi pemberian bimbingan tatap muka secara berkala, penyampaian materi dalam format yang ringan dan mudah diakses, serta optimalisasi fitur-fitur WhatsApp untuk meningkatkan keaktifan warga belajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pemanfaatan teknologi digital, khususnya media sosial, dalam pendidikan nonformal dapat meningkatkan aksesibilitas, fleksibilitas, dan efektivitas pembelajaran, meskipun tetap diperlukan strategi yang tepat untuk mengatasi kendala teknis dan sosial yang muncul.

Kata Kunci: Pendidikan Kesetaraan, PKBM, WhatsApp

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: dewi dewi dewi
Date Deposited: 30 Oct 2025 02:42
Last Modified: 30 Oct 2025 02:42
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/476

Actions (login required)

View Item
View Item