AINURRAFIQ, IMTYAZ NAZIFA (2025) PEMANFAATAN APLIKASI WHATSAPP GROUP CHAT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA PROGRAM PAKET C (Studi di PKBM Istiqamatul Fuadi Kota Tasikmalaya). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (39kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (462kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (331kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (11kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (313kB)
6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf
Download (200kB)
7. DAFTAR ISI.pdf
Download (324kB)
8. BAB 1.pdf
Download (139kB)
9. BAB 2.pdf
Download (494kB)
10. BAB 3.pdf
Download (266kB)
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (396kB)
12. ABB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (202kB)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (331kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (209kB)
Abstract
Program pembelajaran Paket C di PKBM Istiqamatul Fuadi, Tasikmalaya, menghadapi tantangan dalam menjaga keterlibatan warga belajar yang memiliki kesibukan tinggi, seperti bekerja dan mengurus keluarga. Kondisi ini menyebabkan rendahnya tingkat kehadiran serta minimnya interaksi selama proses pembelajaran tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan aplikasi WhatsApp Group Chat sebagai media pembelajaran alternatif dalam mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan melibatkan enam partisipan, yang terdiri dari tutor dan warga belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan WhatsApp Group Chat mempermudah komunikasi antara tutor dan warga belajar, memberikan fleksibilitas waktu belajar, serta mendukung distribusi materi secara lebih efisien. Namun, penelitian ini juga menemukan beberapa hambatan seperti keterbatasan akses internet, rendahnya motivasi belajar, dan kurangnya interaksi tatap muka. Solusi yang diterapkan meliputi pemberian bimbingan tatap muka secara berkala, penyampaian materi dalam format yang ringan dan mudah diakses, serta optimalisasi fitur-fitur WhatsApp untuk meningkatkan keaktifan warga belajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pemanfaatan teknologi digital, khususnya media sosial, dalam pendidikan nonformal dapat meningkatkan aksesibilitas, fleksibilitas, dan efektivitas pembelajaran, meskipun tetap diperlukan strategi yang tepat untuk mengatasi kendala teknis dan sosial yang muncul.
Kata Kunci: Pendidikan Kesetaraan, PKBM, WhatsApp
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat | 
| Depositing User: | dewi dewi dewi | 
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 02:42 | 
| Last Modified: | 30 Oct 2025 02:42 | 
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/476 | 
