ISMAYA, PERA TEJA (2025) PENGARUH MEDIA ULAR TANGGA BERBANTUAN WEBSITE GENIALLY TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI-3 SMA NEGERI 2 SINGAPARNA. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. Cover.pdf
Download (221kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN PERA.pdf
Download (74kB)
3. LEMBAR PENGUJI PERA.pdf
Download (62kB)
4. LEMBAR PERNYATAAN PERA.pdf
Download (110kB)
5. Halaman Pribadi.pdf
Download (173kB)
6. Abstrak.pdf
Download (187kB)
7. Abstract.pdf
Download (6kB)
8. Kata Pengantar.pdf
Download (191kB)
9. Ucapan Terima Kasih.pdf
Download (198kB)
10. Daftar Isi.pdf
Download (103kB)
11. Daftar Tabel.pdf
Download (185kB)
12. Daftar Gambar.pdf
Download (5kB)
13. Daftar Bagan.pdf
Download (5kB)
14. Daftar Lampiran.pdf
Download (184kB)
15. Bab 1.pdf
Download (333kB)
16. Bab 2.pdf
Download (453kB)
17. Bab 3.pdf
Download (790kB)
18. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (734kB)
19. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (191kB)
20. Daftar Pustaka.pdf
Download (313kB)
21. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media ular tangga berbantuan website Genially terhadap minat belajar peserta didik di kelas XI-3 SMA Negeri 2 Singaparna, dan peningkatan minat belajar peserta didik dengan menggunakan media media ular tangga berbantuan website Genially pada mata pelajaran sejarah di kelas XI-3 SMA Negeri 2 Singaparna. Pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen bentuk non-equivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI di SMA Negeri 2 Singaparna, dengan sampel berjumlah 35 peserta didik dari kelas XI-3 dan 30 peserta didik dari kelas XI-1 yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui angket dengan 22 pernyataan, kemudian dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, hipotesis, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis menggunakan independent sample t-test menunjukan nilai sig sebesar 0,001 < 0,05, sehingga media ular tangga berbantuan website Genially berpengaruh signifikan terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas XI-3 SMA Negeri 2 Singaparna, dan hasil uji N-Gain menunjukan adanya peningkatan yang signifikan sebesar 61,72%, sehingga media ular tangga berbantuan website Genially dinyatakan dapat meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas XI-3 SMA Negeri 2 Singaparna dengan kategori cukup efektif.
Kata Kunci: Ular Tangga Berbantuan Website Genially, Minat Belajar, Pembelajaran Sejarah
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 07:29 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 07:29 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/426 |
