PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 8 TASIKMALAYA (Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMAN 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025)

SARI, IRA NURMALA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 8 TASIKMALAYA (Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMAN 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of Lembar Penguji.pdf] Text
Lembar Penguji.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of Lembar Pernyataan.pdf] Text
Lembar Pernyataan.pdf

Download (400kB)
[thumbnail of Ucapan Terimakasih.pdf] Text
Ucapan Terimakasih.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Abstract.pdf] Text
Abstract.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (2).pdf] Text
Abstrak (2).pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Gambar.pdf] Text
Daftar Gambar.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Tabel.pdf] Text
Daftar Tabel.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I (1).pdf] Text
BAB I (1).pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II (16).pdf] Text
BAB II (16).pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB III (1).pdf] Text
BAB III (1).pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of LAMPIRAN (1).pdf] Text
LAMPIRAN (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata
pelajaran ekonomi di kelas X SMAN 8 Tasikmalaya. Tujuan dari penelitian untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan
Quizizz terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode
Quasi Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu
peserta didik kelas X SMAN 8 Tasikmalaya sebanyak 252 siswa. Teknik
pengambilan sampel pada peneitian mengggunakan teknik purposive sampling
yaitu sebanyak 72 siswa dengan kelas eksperimen berjumlah 36 siswa
menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Quizizz
dan 36 siswa pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar
peserta didik pada kelas eskperimen yang menggunakan model pembelajaran
Problem Based Learning berbantuan Quizizz dan kelas kontrol yang menggunakan
model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar peserta didik pada
pengukuran di awal dan di akhir pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi,
dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based
Learning berbantuan Quizizz berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar
peserta didik.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Problem Based Learning, Quizizz

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: irma sri katon
Date Deposited: 29 Oct 2025 07:12
Last Modified: 29 Oct 2025 07:12
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/421

Actions (login required)

View Item
View Item