SARI, IRA NURMALA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 8 TASIKMALAYA (Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMAN 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
Cover.pdf
Download (2MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Download (260kB)
Lembar Penguji.pdf
Download (265kB)
Lembar Pernyataan.pdf
Download (400kB)
Ucapan Terimakasih.pdf
Download (2MB)
Abstract.pdf
Download (2MB)
Abstrak (2).pdf
Download (2MB)
Daftar Isi.pdf
Download (3MB)
Daftar Gambar.pdf
Download (2MB)
Daftar Tabel.pdf
Download (2MB)
BAB I (1).pdf
Download (2MB)
BAB II (16).pdf
Download (3MB)
BAB III (1).pdf
Download (3MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (2MB)
LAMPIRAN (1).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata 
pelajaran ekonomi di kelas X SMAN 8 Tasikmalaya. Tujuan dari penelitian untuk 
mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan 
Quizizz terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode 
Quasi Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu 
peserta didik kelas X SMAN 8 Tasikmalaya sebanyak 252 siswa. Teknik 
pengambilan sampel pada peneitian mengggunakan teknik purposive sampling  
yaitu sebanyak 72 siswa dengan kelas eksperimen berjumlah 36 siswa 
menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Quizizz 
dan 36 siswa pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. 
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar 
peserta didik pada kelas eskperimen yang menggunakan model pembelajaran 
Problem Based Learning berbantuan Quizizz dan kelas kontrol yang menggunakan 
model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar peserta didik pada 
pengukuran di awal dan di akhir pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi, 
dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based 
Learning berbantuan Quizizz berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar 
peserta didik. 
Kata Kunci : Hasil Belajar, Problem Based Learning, Quizizz
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi | 
| Depositing User: | irma sri katon | 
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 07:12 | 
| Last Modified: | 29 Oct 2025 07:12 | 
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/421 | 
