PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE ACADEMIC CONSTRUCTIVE CONTROVERSY (ACC) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (Kuasi Eksperimen dalam Pembelajaran Sejarah pada Peserta Didik Kelas XI IPA 7 di MAN 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025)

NURHANIPAH, ADILAH (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE ACADEMIC CONSTRUCTIVE CONTROVERSY (ACC) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (Kuasi Eksperimen dalam Pembelajaran Sejarah pada Peserta Didik Kelas XI IPA 7 di MAN 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PENGUJI.pdf] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4. PERNYATAAN.pdf] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (321kB)
[thumbnail of 5. HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf] Text
5. HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 6. ABSTRAK.pdf] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of 7. KATA PENGANTAR.pdf] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (427kB)
[thumbnail of 8. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf] Text
8. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR ISI.pdf] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of 10. BAB I.pdf] Text
10. BAB I.pdf

Download (363kB)
[thumbnail of 11. BAB II.pdf] Text
11. BAB II.pdf

Download (473kB)
[thumbnail of 12. BAB III.pdf] Text
12. BAB III.pdf

Download (815kB)
[thumbnail of 13. BAB IV.pdf] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (643kB)
[thumbnail of 14. BAB V.pdf] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[thumbnail of 15. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of 17. BIODATA.pdf] Text
17. BIODATA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[thumbnail of 16. LAMPIRAN.pdf] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Keterampilan berpikir kritis sangat penting untuk membantu peserta didik menganalisis dan menilai informasi secara tepat, terutama dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini membahas permasalahan dalam pembelajaran sejarah, khususnya rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPA 7 di MAN 1 Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran kolaboratif tipe Academic Constructive Controversy (ACC) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi-eksperimen yang menerapkan desain non-equivalent control group. Populasi penelitian mencakup seluruh peserta didik Fase F di MAN 1 Tasikmalaya, sedangkan sampel penelitiann untuk kelas eksperimennya kelas XI IPA 7 yang terdiri 32 peserta didik, sedangkan kelas kontrolnya kelas XI IPA 2 terdiri dari 34 peserta didik, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling dalam kategori nonprobability sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes pilihan ganda sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil analisis statistik menggunakan uji hipotesis independent sample t-test menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,008 lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kolaboratif tipe Academic Constructive Controversy berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran sejarah. Selain itu, hasil uji N-Gain menunjukkan rata-rata peningkatan sebesar 0,57 pada kelas eksperimen. Berdasarkan klasifikasi N-Gain score, nilai tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran kolaboratif tipe Academic Constructive Controversy berkontribusi positif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut, model kolaboratif tipe ACC layak diterapkan dalam pembelajaran sejarah dan mendukung pelaksanaan Kurikulum Merdeka yang mengedepankan pembelajaran kolaboratif dan pengembangan keterampilan berpikir kritis.

Kata Kunci: Pembelajaran Sejarah, Academic Constructive Controversy (ACC), Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 29 Oct 2025 06:49
Last Modified: 29 Oct 2025 06:49
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/416

Actions (login required)

View Item
View Item