NURHANIPAH, ADILAH (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE ACADEMIC CONSTRUCTIVE CONTROVERSY (ACC) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (Kuasi Eksperimen dalam Pembelajaran Sejarah pada Peserta Didik Kelas XI IPA 7 di MAN 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (273kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (306kB)
3. LEMBAR PENGUJI.pdf
Download (1MB)
4. PERNYATAAN.pdf
Download (321kB)
5. HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf
Download (209kB)
6. ABSTRAK.pdf
Download (230kB)
7. KATA PENGANTAR.pdf
Download (427kB)
8. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf
Download (184kB)
9. DAFTAR ISI.pdf
Download (330kB)
10. BAB I.pdf
Download (363kB)
11. BAB II.pdf
Download (473kB)
12. BAB III.pdf
Download (815kB)
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (643kB)
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (244kB)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (279kB)
17. BIODATA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (204kB)
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Keterampilan berpikir kritis sangat penting untuk membantu peserta didik menganalisis dan menilai informasi secara tepat, terutama dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini membahas permasalahan dalam pembelajaran sejarah, khususnya rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPA 7 di MAN 1 Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran kolaboratif tipe Academic Constructive Controversy (ACC) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi-eksperimen yang menerapkan desain non-equivalent control group. Populasi penelitian mencakup seluruh peserta didik Fase F di MAN 1 Tasikmalaya, sedangkan sampel penelitiann untuk kelas eksperimennya kelas XI IPA 7 yang terdiri 32 peserta didik, sedangkan kelas kontrolnya kelas XI IPA 2 terdiri dari 34 peserta didik, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling dalam kategori nonprobability sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes pilihan ganda sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil analisis statistik menggunakan uji hipotesis independent sample t-test menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,008 lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kolaboratif tipe Academic Constructive Controversy berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran sejarah. Selain itu, hasil uji N-Gain menunjukkan rata-rata peningkatan sebesar 0,57 pada kelas eksperimen. Berdasarkan klasifikasi N-Gain score, nilai tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran kolaboratif tipe Academic Constructive Controversy berkontribusi positif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut, model kolaboratif tipe ACC layak diterapkan dalam pembelajaran sejarah dan mendukung pelaksanaan Kurikulum Merdeka yang mengedepankan pembelajaran kolaboratif dan pengembangan keterampilan berpikir kritis.
Kata Kunci: Pembelajaran Sejarah, Academic Constructive Controversy (ACC), Berpikir Kritis
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > L Education (General)  | 
        
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah | 
| Depositing User: | Lelis Marsidah | 
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 06:49 | 
| Last Modified: | 29 Oct 2025 06:49 | 
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/416 | 
