PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MECERITAKAN KEMBALI ISI TEKS CERITA FANTASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 19 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

Filda, Muhammad Fahril (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MECERITAKAN KEMBALI ISI TEKS CERITA FANTASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 19 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. PERNYATAAN.pdf] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (981kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 6. DAFTAR ISI.pdf] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7. DAFTAR TABEL.pdf] Text
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8. DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 9. DAFTAR GRAFIK.pdf] Text
9. DAFTAR GRAFIK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 11. BAB 1.pdf] Text
11. BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 12. BAB 2.pdf] Text
12. BAB 2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 13. BAB 3.pdf] Text
13. BAB 3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 14. BAB 4.pdf] Text
14. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 15. BAB 5.pdf] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (982kB)
[thumbnail of 16. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 17. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
17. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (988kB)
[thumbnail of 18. LAMPIRAN.pdf] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi
merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik kelas VII. Namun
pada kenyataannya masih banyak peserta didik kelas VII SMP Negeri 19
Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023 yang belum memenuhi KKM. Oleh karena itu,
penulis melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model
pembelajaran Discovery Learning.
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan dapat atau tidaknya model
pembelajaran Discovery Learning meningkatkan kemampuan peserta didik kelas VII
SMP Negeri 19 Tasikmalaya dalam mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan
kembali isi teks cerita fantasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan
wawancara. Sumber data yang digunakan yaitu peserta didik kelas VII SMP Negeri
19 Tasikmalaya sebanyak 29 orang.
Hasil pengolahan data menunjukkan terdapat peningkatan proses dan hasil
belajar dari siklus kesatu ke siklus kedua. Pada siklus kesatu mengidentifikasi unsur
unsur teks cerita fantasi terdapat peserta didik yang telah mencapai KKM sebanyak 6
orang (20,6%) dan yang belum mencapai KKM sebanyak 23 orang (79,3%), serta
pada kompetensi menceritakan kembali isi teks cerita fantasi yang dibaca terdapat
sebanyak 8 orang (27,6%) telah mencapai KKM, dan yang belum mencapai KKM
sebanyak 21 orang (72,4%). Pada siklus kedua, dalam mengidentifikasi unsur-unsur
dan menceritakan kembali teks cerita fantasi seluruh peserta didik sebanyak 29 orang
(100%) mampu mencapai KKM.
Hasil Uji Normalitas dari kedua siklus menunjukkan data tidak berdistribusi
normal, maka dilakukan Uji Wilcoxon yang diketahui W hitung (0) < W tabel (98,3)
(taraf signifikasi 0,01). Maka data tersebut menunjukkan bahwa hipotesis tindakan
penelitian diterima. Artinya, model pembelajaran Discovery Learning dapat
meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali
teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 19 Tasikmalaya tahun
ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:39
Last Modified: 22 Oct 2025 02:39
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/40

Actions (login required)

View Item
View Item