Filda, Muhammad Fahril (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MECERITAKAN KEMBALI ISI TEKS CERITA FANTASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 19 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (1MB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (1MB)
3. PERNYATAAN.pdf
Download (1MB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (981kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (1MB)
6. DAFTAR ISI.pdf
Download (1MB)
7. DAFTAR TABEL.pdf
Download (1MB)
8. DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (1MB)
9. DAFTAR GRAFIK.pdf
Download (1MB)
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (1MB)
11. BAB 1.pdf
Download (1MB)
12. BAB 2.pdf
Download (1MB)
13. BAB 3.pdf
Download (1MB)
14. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (982kB)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB)
17. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (988kB)
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi
merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik kelas VII. Namun
pada kenyataannya masih banyak peserta didik kelas VII SMP Negeri 19
Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023 yang belum memenuhi KKM. Oleh karena itu,
penulis melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model
pembelajaran Discovery Learning.
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan dapat atau tidaknya model
pembelajaran Discovery Learning meningkatkan kemampuan peserta didik kelas VII
SMP Negeri 19 Tasikmalaya dalam mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan
kembali isi teks cerita fantasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan
wawancara. Sumber data yang digunakan yaitu peserta didik kelas VII SMP Negeri
19 Tasikmalaya sebanyak 29 orang.
Hasil pengolahan data menunjukkan terdapat peningkatan proses dan hasil
belajar dari siklus kesatu ke siklus kedua. Pada siklus kesatu mengidentifikasi unsur
unsur teks cerita fantasi terdapat peserta didik yang telah mencapai KKM sebanyak 6
orang (20,6%) dan yang belum mencapai KKM sebanyak 23 orang (79,3%), serta
pada kompetensi menceritakan kembali isi teks cerita fantasi yang dibaca terdapat
sebanyak 8 orang (27,6%) telah mencapai KKM, dan yang belum mencapai KKM
sebanyak 21 orang (72,4%). Pada siklus kedua, dalam mengidentifikasi unsur-unsur
dan menceritakan kembali teks cerita fantasi seluruh peserta didik sebanyak 29 orang
(100%) mampu mencapai KKM.
Hasil Uji Normalitas dari kedua siklus menunjukkan data tidak berdistribusi
normal, maka dilakukan Uji Wilcoxon yang diketahui W hitung (0) < W tabel (98,3)
(taraf signifikasi 0,01). Maka data tersebut menunjukkan bahwa hipotesis tindakan
penelitian diterima. Artinya, model pembelajaran Discovery Learning dapat
meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali
teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 19 Tasikmalaya tahun
ajaran 2022/2023.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 02:39 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 02:39 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/40 |
