BILBINA, KANZA (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTU MEDIA BOTANIPEDIA TERHADAP LITERASI SPESIES DAN PLANT AWARENESS DISPARITY (Studi Eksperimen di Kelas X SMA Negeri 2 Tasikmalaya, Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
01. Cover.pdf
Download (209kB)
02. Lembar Pengesahan.pdf
Download (311kB)
03. Pernyataan Keaslian.pdf
Download (320kB)
04. Abstrak.pdf
Download (184kB)
05. Abstract.pdf
Download (184kB)
06. Kata Pengantar.pdf
Download (304kB)
07. Ucapan Terima Kasih.pdf
Download (307kB)
08. Daftar Isi.pdf
Download (203kB)
09. Daftar Tabel.pdf
Download (188kB)
10. Daftar Gambar.pdf
Download (193kB)
11. Daftar Lampiran.pdf
Download (187kB)
12. BAB I.pdf
Download (331kB)
13. BAB II.pdf
Download (550kB)
14. BAB III.pdf
Download (1MB)
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (979kB)
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (184kB)
17. Daftar Pustaka.pdf
Download (436kB)
18. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
19. Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (314kB)
Abstract
Literasi spesies merujuk pada pemahaman terkait keragaman spesies, baik tumbuhan maupun hewan. Pemahaman yang seimbang antara keduanya, menggambarkan literasi spesies yang baik, sehingga dapat mengurangi kesenjangan pemahaman dan membantu mengurangi fenomena Plant Awareness Disparity (PAD). Salah satu solusi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan literasi spesies dan menurunkan fenomena PAD adalah dengan penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang didukung oleh media pembelajaran inovatif seperti botanipedia. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model PjBL berbantu media botanipedia terhadap literasi spesies dan PAD yang dilakukan pada peserta didik SMA Negeri 2 Tasikmalaya, Jawa Barat. Pendekatan kuantitatif dengan metode quasi-eksperiment dan desain nonequivalent control group digunakan dalam penelitian ini. Sampel terdiri dari dua kelas yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan meliputi tes literasi spesies dan nontes PAD yang diukur melalui pretest dan posttest untuk mengetahui respon peserta didik sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Berdasarkan analisis pengujian hipotesis menggunakan uji quade rank analysis of covariance menghasilkan nilai signifikansi literasi spesies sebesar 0,016 dan PAD sebesar 0,015, keduanya berada di bawah 0,05, maka Ho ditolak. Temuan ini menunjukkan bahwa model PjBL berbantu media botanipedia memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan literasi spesies dan penurunan PAD.
Kata Kunci: Literasi Spesies, Media Botanipedia, Plant Awareness Disparity, Project Based Learning.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 04:29 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 04:29 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/398 |
