PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTU MEDIA BOTANIPEDIA TERHADAP LITERASI SPESIES DAN PLANT AWARENESS DISPARITY (Studi Eksperimen di Kelas X SMA Negeri 2 Tasikmalaya, Tahun Ajaran 2024/2025)

BILBINA, KANZA (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTU MEDIA BOTANIPEDIA TERHADAP LITERASI SPESIES DAN PLANT AWARENESS DISPARITY (Studi Eksperimen di Kelas X SMA Negeri 2 Tasikmalaya, Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 01. Cover.pdf] Text
01. Cover.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 02. Lembar Pengesahan.pdf] Text
02. Lembar Pengesahan.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of 03. Pernyataan Keaslian.pdf] Text
03. Pernyataan Keaslian.pdf

Download (320kB)
[thumbnail of 04. Abstrak.pdf] Text
04. Abstrak.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 05. Abstract.pdf] Text
05. Abstract.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 06. Kata Pengantar.pdf] Text
06. Kata Pengantar.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of 07. Ucapan Terima Kasih.pdf] Text
07. Ucapan Terima Kasih.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of 08. Daftar Isi.pdf] Text
08. Daftar Isi.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 09. Daftar Tabel.pdf] Text
09. Daftar Tabel.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 10. Daftar Gambar.pdf] Text
10. Daftar Gambar.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 11. Daftar Lampiran.pdf] Text
11. Daftar Lampiran.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 12. BAB I.pdf] Text
12. BAB I.pdf

Download (331kB)
[thumbnail of 13. BAB II.pdf] Text
13. BAB II.pdf

Download (550kB)
[thumbnail of 14. BAB III.pdf] Text
14. BAB III.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 15. BAB IV.pdf] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (979kB)
[thumbnail of 16. BAB V.pdf] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[thumbnail of 17. Daftar Pustaka.pdf] Text
17. Daftar Pustaka.pdf

Download (436kB)
[thumbnail of 18. Lampiran.pdf] Text
18. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 19. Daftar Riwayat Hidup.pdf] Text
19. Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)

Abstract

Literasi spesies merujuk pada pemahaman terkait keragaman spesies, baik tumbuhan maupun hewan. Pemahaman yang seimbang antara keduanya, menggambarkan literasi spesies yang baik, sehingga dapat mengurangi kesenjangan pemahaman dan membantu mengurangi fenomena Plant Awareness Disparity (PAD). Salah satu solusi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan literasi spesies dan menurunkan fenomena PAD adalah dengan penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang didukung oleh media pembelajaran inovatif seperti botanipedia. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model PjBL berbantu media botanipedia terhadap literasi spesies dan PAD yang dilakukan pada peserta didik SMA Negeri 2 Tasikmalaya, Jawa Barat. Pendekatan kuantitatif dengan metode quasi-eksperiment dan desain nonequivalent control group digunakan dalam penelitian ini. Sampel terdiri dari dua kelas yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan meliputi tes literasi spesies dan nontes PAD yang diukur melalui pretest dan posttest untuk mengetahui respon peserta didik sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Berdasarkan analisis pengujian hipotesis menggunakan uji quade rank analysis of covariance menghasilkan nilai signifikansi literasi spesies sebesar 0,016 dan PAD sebesar 0,015, keduanya berada di bawah 0,05, maka Ho ditolak. Temuan ini menunjukkan bahwa model PjBL berbantu media botanipedia memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan literasi spesies dan penurunan PAD.

Kata Kunci: Literasi Spesies, Media Botanipedia, Plant Awareness Disparity, Project Based Learning.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: user1 user1 user1
Date Deposited: 29 Oct 2025 04:29
Last Modified: 29 Oct 2025 04:29
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/398

Actions (login required)

View Item
View Item