Arikah, Khopipah (2025) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KUALITAS HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI DI RUMAH TAHFIZ HAJI IDING TASIKMALAYA. Other thesis, Universitas Siliwangi.
01 COVER.pdf
Download (151kB)
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (184kB)
03 LEMBAR PENGUJI.pdf
Download (204kB)
04 PERNYATAAN.pdf
Download (163kB)
05 HALAMAN PRIBADI.pdf
Download (113kB)
06 ABSTRAK.pdf
Download (142kB)
07 KATA PENGANTAR.pdf
Download (113kB)
08 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (118kB)
09 DAFTAR ISI.pdf
Download (141kB)
10 DAFTAR TABEL.pdf
Download (115kB)
11 DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (121kB)
12 DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (115kB)
13 BAB 1.pdf
Download (186kB)
14 BAB 2.pdf
Download (271kB)
15 BAB 3.pdf
Download (336kB)
16 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (394kB)
17 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (115kB)
18 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (159kB)
19 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
20 DRH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (125kB)
Abstract
Motivasi belajar dapat terbentuk dari dorongan yang dapat berasal dari internal maupun lingkungan peserta didik. Namun, masih banyak anak yang memiliki motivasi rendah sehingga berpengaruh terhadap kualitas belajar. Tujuan dari penelitian ini untuk meneliti pengaruh motivasi belajar terhadap kualitas hafalan Al-Qur’an santri di Rumah Tahfizh Haji Iding Tasikmalaya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan menggunakan angket untuk mengambil data penelitian. Penelitian ini dilakukan kepada santri atau peserta didik di Rumah Tahfizh Haji Iidng Tasikmalaya dengan populasi 68. Dalam penelitian ini mengambil teknik puposive sampling sebanyak 52 orang. Hasil uji analisis regresi linier sederhana signifikansi 0,001< 0,05, hal ini menunjukkan bahwa nilai probabilitas < Alpha (0,05), kemudian nilai t hitung sebesar 4,724 lebih besar dari t tabel yaitu 1,676 sehingga Ho ditolak. Kemudian nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,309, artinya kontribusi variabel motivasi belajar terhadap variabel kualitas hafalan Al-Qur’an adalah sebesar 30,9% dan sisanya merupakan kontribusi variabel lain sebesar 69,1%. Dengan demikian berdasarkan hasil analisis menunjukkan pengaruh yang cukup atau sedang antara motivasi belajar terhadap kualitas hafalan Al-Qur’an. Berdasarkan hasil penelitian disarankan untuk peserta didik untuk meningkatkan partisipasi belajar, mengatur waktu yang tepat untuk menghafal, dan meningkatkan fasilitas yang mendukung pembelajaran yang berkualitas.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Kualitas Hafalan al-Qur’an, Rumah Tahfizh.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 04:05 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 04:05 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/390 |
