NURCAHYANA, DINDA ANANTA (2025) PENGARUH MEDIA HISTOMAGZ TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS XI-2 SMAN 4 TASIKMALAYA. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (159kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (498kB)
3. LEMBAR PENGUJI.pdf
Download (395kB)
4. PERNYATAAN.pdf
Download (335kB)
5. MOTTO.pdf
Download (179kB)
6. ABSTRAK.pdf
Download (186kB)
7. KATA PENGANTAR.pdf
Download (122kB)
8. UCAPAN TERIMAKSIH.pdf
Download (190kB)
9. DAFTAR ISI.pdf
Download (306kB)
10. BAB I.pdf
Download (211kB)
11. BAB II.pdf
Download (267kB)
12.BAB III.pdf
Download (563kB)
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (482kB)
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (185kB)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (193kB)
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
17. BIODATA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (134kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang berkaitan dengan tidak terpenuhinya indikator minat belajar peserta didik di kelas XI SMAN 4 Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media Histomagz terhadap minat belajar peserta didik di kelas XI SMAN 4 Tasikmalaya. Pendekatan dalam penelitian ini memakai kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Desain penelitian menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI-2 dan XI-1 dengan total peserta didik sebanyak 72 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dengan teknik pengumpulan data melalui tahap observasi dan penyebaran kuesioner. Adapun teknik analisis data dilakukan melalui tahap uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil pengumpulan data didapatkan nilai pretest kelas eksperimen sebesar 72,71 dan kelas kontrol sebesar 69,17. Nilai posttest kelas eksperimen sebesar 83,38 dan kelas kontrol sebesar 72,63 dengan hasil hipotesis masing-masing kelas lebih kecil dari 0,001 atau memiliki nilai lebih kecil dari taraf signifikansi 5% sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak atau media Histomagz memberikan pengaruh pada minat belajar peserta didik di kelas XI-2 SMAN 4 Tasikmalaya semester genap tahun ajaran 2024/2025. Implikasi teoritis penelitian ini memberikan bukti empiris yang menyatakan bahwa media Histomagz memiliki kesesuaian fungsi atensi dalam penggunaan media pembelajaran khususnya media visual pada pembelajaran sejarah.
Kata Kunci: Histomagz, Minat Belajar, Pembelajaran Sejarah
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > L Education (General)  | 
        
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah | 
| Depositing User: | Lelis Marsidah | 
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 04:01 | 
| Last Modified: | 29 Oct 2025 04:01 | 
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/387 | 
