ZABAR, MUHAMAD ABDUL (2025) PENGARUH SELF-CONTROL TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK DENGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS SILIWANGI. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER-1.pdf
Download (159kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (345kB)
3. LEMBAR PENGUJIAN.pdf
Download (277kB)
4. PERNYATAAN.pdf
Download (327kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (213kB)
6. Kata Pengantar.pdf
Download (409kB)
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf
Download (158kB)
8. DAFTAR ISI.pdf
Download (258kB)
9. DAFTAR TABEL.pdf
Download (150kB)
10. DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (94kB)
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (110kB)
12. BAB I PENDAHULUAN.pdf
Download (286kB)
13. BAB II TINJAUAN TEORITIS.pdf
Download (529kB)
14. BAB III PROSEDUR PENELITIAN.pdf
Download (709kB)
15. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (554kB)
16. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (147kB)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (229kB)
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
19. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (105kB)
Abstract
Mahasiswa perguruan tinggi menghadapi berbagai tuntutan akademik yang kompleks, termasuk menyelesaikan tugas tepat waktu. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-control terhadap prokrastinasi akademik dengan dukungan sosial teman sebaya sebagai variabel moderasi pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Siliwangi. Penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey pada 494 mahasiswa aktif tahun ajaran 2024/2025 sebagai populasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Stratified Sampling dan analisis data dilakukan melalui Moderate Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) self-control berpengaruh signifikan terhadap prokrastinasi akademik, ditandai nilai - thitung ( 3,421) lebih kecil dari - ttabel (-1,971) dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, dengan kemampuan menjelaskan variasi prokrastinasi sebesar 5,1%; (2) dukungan sosial teman sebaya terbukti berperan sebagai pure moderator pada pengaruh self-control terhadap prokrastinasi akademik, ditandai nilai - thitung variabel interaksi (-3,113) lebih kecil dari - ttabel (-1,971) dan nilai signifikansi 0,002 < 0,05, dengan kemampuan menjelaskan variasi prokrastinasi akademik sebesar 9,1%; (3) self control, dukungan sosial teman sebaya, dan interaksinya secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prokrastinasi akademik dengan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (7,272 > 3,04) dan nilai signifikansi dan 0,000 > 0,05.
Kata Kunci: Self-Control, Prokrastinasi Akademik, Dukungan Sosial Teman Sebaya
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LC Special aspects of education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 03:45 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 03:45 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/384 |
