HIDAYAT, ADE (2025) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SERTA IMPLIKASINYA PADA PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei Pada Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ciamis Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. Cover.pdf
Download (63kB)
2. Lembar Pengesahan.pdf
Download (114kB)
3. Lembar Pengujian.pdf
Download (115kB)
4. Lembar Pernyataan.pdf
Download (99kB)
5. Abstrak (1).pdf
Download (136kB)
6. Kata Pengantar.pdf
Download (125kB)
7. Ucapan Terima Kasih.pdf
Download (70kB)
8. Daftar Isi.pdf
Download (128kB)
9. Daftar Tabel.pdf
Download (39kB)
10. Daftar Gambar.pdf
Download (31kB)
11. Daftar Lampiran.pdf
Download (35kB)
12. BAB 1.pdf
Download (150kB)
13. BAB 2.pdf
Download (208kB)
14. BAB 3.pdf
Download (409kB)
15. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (321kB)
16. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (15kB)
17. Daftar Pustaka.pdf
Download (205kB)
18. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
19. Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (25kB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ciamis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui "Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Serta Implikasinya Pada Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi". Desain penelitian ini menggunakan explanatory survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ciamis dengan teknik pengambilan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan analisis data menggunakan SPSS 23 For Windows dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan adanya mediasi penuh (full mediation) dengan pengaruh signifikan status sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar (β = 0.5097, p < 0.001) dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar (β = 0.5937, p < 0.001). Pengaruh tidak langsung status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar signifikan (β = 0.3026, p < 0.001), sedangkan pengaruh langsungnya tidak signifikan (β = 0.0322, p = 0.0622). Hasil ini mengindikasikan bahwa motivasi belajar sepenuhnya memediasi pengaruh antara status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar.
Kata kunci: Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 03:37 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 03:37 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/380 |
