HUSAIN, ZAKY AHMAD (2024) PORTRAYING THE IMPLEMENTATION OF ENGLISH SONG IN EFL CLASS OF JUNIOR HIGH SCHOOL: TEACHER’S AND STUDENTS’ PERCEPTION. Other thesis, Universitas Siliwangi.
01 COVER.pdf
Download (116kB)
02 APPROVAL SHEET.pdf
Download (545kB)
03 PERNYATAAN.pdf
Download (102kB)
04 ABSTRAK.pdf
Download (141kB)
05 PREFACE.pdf
Download (115kB)
06 ACKNOWLEDGEMENT.pdf
Download (124kB)
07 TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (109kB)
08 LIST OF TABLES.pdf
Download (85kB)
09 LIST OF ENCLOSURE.pdf
Download (114kB)
10 CHAPTER 1.pdf
Download (136kB)
11 CHAPTER 2.pdf
Download (153kB)
12 CHAPTER 3.pdf
Download (157kB)
13 CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (155kB)
14 CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (91kB)
15 REFERENCES.pdf
Download (142kB)
16 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
17 CV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (99kB)
Abstract
Pendidikan Bahasa Inggris umum di banyak negara, termasuk Indonesia. Namun,
banyak siswa masih kesulitan dalam belajar dan mengingat bahasa, terutama
karena kurangnya motivasi. Lagu dipercaya sebagai alat untuk meningkatkan
motivasi oleh banyak peneliti. Menggunakan studi kasus deskriptif dengan desain
penelitian kualitatif, peneliti ingin mengetahui persepsi guru dan siswa mengenai
lagu sebagai penguat motivasi. Peserta yang terlibat dalam penelitian ini adalah
seorang guru dan tiga siswa kelas 9 dari sebuah sekolah menengah pertama lokal
yang telah melakukan implementasi lagu Inggris dalam kelas Bahasa Inggris.
Dengan menerapkan analisis tematik oleh Braun & Clarke (2006), peneliti
menemukan hasil analisis bahwa ada enam faktor yang mempengaruhi persepsi
guru, yaitu: (1) Tantangan dalam Mengajar Bahasa Inggris Menggunakan Lagu;
(2) Penyaringan Budaya yang Tidak Relevan; (3) Pemilihan Lagu Berdasarkan
Konteks dan Popularitas; (4) Adaptasi terhadap Kemampuan Bahasa Inggris
Siswa yang Beragam; (5) Efek Implementasi Lagu; dan (6) Peran Guru dalam
Instruksi dan Scaffolding. Sementara itu, persepsi siswa dipengaruhi oleh tiga
faktor; (1) Perasaan Positif yang Dirasakan Siswa Saat Mendengarkan Musik; (2)
Keuntungan Menerapkan Lagu di Kelas Bahasa Inggris; dan (3) Kesulitan
Menerapkan Lagu di Kelas Bahasa Inggris. Hasil penelitian diharapkan dapat
bermanfaat bagi akademisi sebagai referensi, terutama bagi guru yang sedang
mempersiapkan kelas dengan implementasi lagu.
Kata kunci: Implementasi lagu, Kelas EFL, Persepsi
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 02:17 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 02:17 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/38 |
