PORTRAYING THE IMPLEMENTATION OF ENGLISH SONG IN EFL CLASS OF JUNIOR HIGH SCHOOL: TEACHER’S AND STUDENTS’ PERCEPTION

HUSAIN, ZAKY AHMAD (2024) PORTRAYING THE IMPLEMENTATION OF ENGLISH SONG IN EFL CLASS OF JUNIOR HIGH SCHOOL: TEACHER’S AND STUDENTS’ PERCEPTION. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 01 COVER.pdf] Text
01 COVER.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of 02 APPROVAL SHEET.pdf] Text
02 APPROVAL SHEET.pdf

Download (545kB)
[thumbnail of 03 PERNYATAAN.pdf] Text
03 PERNYATAAN.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of 04 ABSTRAK.pdf] Text
04 ABSTRAK.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 05 PREFACE.pdf] Text
05 PREFACE.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 06 ACKNOWLEDGEMENT.pdf] Text
06 ACKNOWLEDGEMENT.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 07 TABLE OF CONTENTS.pdf] Text
07 TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 08 LIST OF TABLES.pdf] Text
08 LIST OF TABLES.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 09 LIST OF ENCLOSURE.pdf] Text
09 LIST OF ENCLOSURE.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 10 CHAPTER 1.pdf] Text
10 CHAPTER 1.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 11 CHAPTER 2.pdf] Text
11 CHAPTER 2.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 12 CHAPTER 3.pdf] Text
12 CHAPTER 3.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of 13 CHAPTER 4.pdf] Text
13 CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[thumbnail of 14 CHAPTER 5.pdf] Text
14 CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[thumbnail of 15 REFERENCES.pdf] Text
15 REFERENCES.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 16 ENCLOSURE.pdf] Text
16 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 17 CV.pdf] Text
17 CV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)

Abstract

Pendidikan Bahasa Inggris umum di banyak negara, termasuk Indonesia. Namun,
banyak siswa masih kesulitan dalam belajar dan mengingat bahasa, terutama
karena kurangnya motivasi. Lagu dipercaya sebagai alat untuk meningkatkan
motivasi oleh banyak peneliti. Menggunakan studi kasus deskriptif dengan desain
penelitian kualitatif, peneliti ingin mengetahui persepsi guru dan siswa mengenai
lagu sebagai penguat motivasi. Peserta yang terlibat dalam penelitian ini adalah
seorang guru dan tiga siswa kelas 9 dari sebuah sekolah menengah pertama lokal
yang telah melakukan implementasi lagu Inggris dalam kelas Bahasa Inggris.
Dengan menerapkan analisis tematik oleh Braun & Clarke (2006), peneliti
menemukan hasil analisis bahwa ada enam faktor yang mempengaruhi persepsi
guru, yaitu: (1) Tantangan dalam Mengajar Bahasa Inggris Menggunakan Lagu;
(2) Penyaringan Budaya yang Tidak Relevan; (3) Pemilihan Lagu Berdasarkan
Konteks dan Popularitas; (4) Adaptasi terhadap Kemampuan Bahasa Inggris
Siswa yang Beragam; (5) Efek Implementasi Lagu; dan (6) Peran Guru dalam
Instruksi dan Scaffolding. Sementara itu, persepsi siswa dipengaruhi oleh tiga
faktor; (1) Perasaan Positif yang Dirasakan Siswa Saat Mendengarkan Musik; (2)
Keuntungan Menerapkan Lagu di Kelas Bahasa Inggris; dan (3) Kesulitan
Menerapkan Lagu di Kelas Bahasa Inggris. Hasil penelitian diharapkan dapat
bermanfaat bagi akademisi sebagai referensi, terutama bagi guru yang sedang
mempersiapkan kelas dengan implementasi lagu.
Kata kunci: Implementasi lagu, Kelas EFL, Persepsi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:17
Last Modified: 22 Oct 2025 02:17
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/38

Actions (login required)

View Item
View Item