KURNIAWATI, NIA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIMAS ERIC TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI ENERGI ALTERNATIF (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (127kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (200kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (187kB)
4. HALAMAN PRIBADI.pdf
Download (210kB)
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf
Download (354kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (227kB)
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (172kB)
8. DAFTAR-DAFTAR.pdf
Download (289kB)
9. BAB 1.pdf
Download (243kB)
10. BAB 2.pdf
Download (457kB)
11. BAB 3.pdf
Download (529kB)
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (527kB)
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (230kB)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (228kB)
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi energi alternatif, berdasarkan hasil studi pendahuluan serta tes uraian keterampilan berpikir kritis yang menunjukkan kategori rendah. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Simas Eric. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Simas Eric terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi energi alternatif. Metode penelitian yang digunakan quasi experiment dengan desain penelitian post-test only control group design. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas X SMAN 4 Tasikmalaya sebanyak 11 kelas dengan jumlah 404 orang. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berbentuk essay (posttest) terdiri dari 10 soal yang mencakup 6 indikator keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dengan Chi-Square dan uji homogenitas dengan uji Fisher), serta uji hipotesis (uji-t) dengan taraf signifikansi (� = 0,05). Berdasarkan hasil uji prasyarat, data berdistribusi normal dan kedua kelas homogen, sehingga pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi (� = 0,05), diperoleh hasil �ℎ����� = 5,68 ������ = 1,67 sehingga �� diterima. Artinya, pada taraf kepercayaan 95% terdapat pengaruh model pembelajaran Simas Eric terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi energi alternatif di kelas X SMA Negeri 4 Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025. Hal tersebut dikarenakan model pembelajaran Simas Eric mendorong keterlibatan aktif peserta didik dalam kegiatan belajar yang menuntut mereka untuk mengeksplorasi informasi, mengolah pemahaman, dan menarik kesimpulan secara mandiri melalui pengalaman belajar yang terstruktur.
Kata kunci: Energi Alternatif, Keterampilan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Simas Eric.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 03:03 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 03:03 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/369 |
