PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIMAS ERIC TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI ENERGI ALTERNATIF (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025)

KURNIAWATI, NIA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIMAS ERIC TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI ENERGI ALTERNATIF (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 4. HALAMAN PRIBADI.pdf] Text
4. HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf] Text
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (354kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of 7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf] Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR-DAFTAR.pdf] Text
8. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of 9. BAB 1.pdf] Text
9. BAB 1.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of 10. BAB 2.pdf] Text
10. BAB 2.pdf

Download (457kB)
[thumbnail of 11. BAB 3.pdf] Text
11. BAB 3.pdf

Download (529kB)
[thumbnail of 12. BAB 4.pdf] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[thumbnail of 13. BAB 5.pdf] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 15. LAMPIRAN.pdf] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi energi alternatif, berdasarkan hasil studi pendahuluan serta tes uraian keterampilan berpikir kritis yang menunjukkan kategori rendah. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Simas Eric. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Simas Eric terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi energi alternatif. Metode penelitian yang digunakan quasi experiment dengan desain penelitian post-test only control group design. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas X SMAN 4 Tasikmalaya sebanyak 11 kelas dengan jumlah 404 orang. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berbentuk essay (posttest) terdiri dari 10 soal yang mencakup 6 indikator keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dengan Chi-Square dan uji homogenitas dengan uji Fisher), serta uji hipotesis (uji-t) dengan taraf signifikansi (� = 0,05). Berdasarkan hasil uji prasyarat, data berdistribusi normal dan kedua kelas homogen, sehingga pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi (� = 0,05), diperoleh hasil �ℎ����� = 5,68  ������ = 1,67 sehingga �� diterima. Artinya, pada taraf kepercayaan 95% terdapat pengaruh model pembelajaran Simas Eric terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi energi alternatif di kelas X SMA Negeri 4 Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025. Hal tersebut dikarenakan model pembelajaran Simas Eric mendorong keterlibatan aktif peserta didik dalam kegiatan belajar yang menuntut mereka untuk mengeksplorasi informasi, mengolah pemahaman, dan menarik kesimpulan secara mandiri melalui pengalaman belajar yang terstruktur.

Kata kunci: Energi Alternatif, Keterampilan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Simas Eric.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 29 Oct 2025 03:03
Last Modified: 29 Oct 2025 03:03
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/369

Actions (login required)

View Item
View Item