Azizzah, Devi Nur (2024) UPAYA MEMBANGUN CULTURE LITERACY MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY (Studi Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Keragaman Budaya Bangsa Siswa Kelas XI IPS SMA Terpadu Darul Muta’allimin Kota Tasikmalaya). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. cover.pdf
Download (85kB)
2. Lembar pengesahan.pdf
Download (262kB)
3. penguji.pdf
Download (676kB)
4. Lembar Pernyataan.pdf
Download (126kB)
5. abstrak.pdf
Download (137kB)
6. kata pengantar.pdf
Download (68kB)
7. ucapan terima kasih.pdf
Download (91kB)
8. daftar isi.pdf
Download (161kB)
9. bab 1.pdf
Download (156kB)
10. bab 2.pdf
Download (179kB)
13. bab 3.pdf
Download (416kB)
14. bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
15. bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (137kB)
16. daftar pustaka.pdf
Download (91kB)
17. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
18. riwayat hidup.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (137kB)
Abstract
Keragaman suatu daerah menjadikan perilaku atau kebiasaan dari asal daerahnya
masing – masing terbawa pada kegiatan lain diluar daerahnya sendiri,
sebagaimana dilihat dari proses pembelajaran menjadikan interaksi eksklusif serta
sikap menghargai antar ragam budaya tersebut masih dikatakan kurang. Tujuan
yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah tahapan penerapan
model pembelajaran inquiry terhadap upaya membangun culture literacy pada
mata pelajaran Geografi materi keberagaman budaya bangsa siswa kelas XI IPS
SMA Terpadu Darul Muta’allimin Kota Tasikmalaya? (2) Bagaimana upaya
membangun culture literacy melalui penerapan model pembelajaran inquiry pada
mata pelajaran Geografi materi keberagaman budaya bangsa siswa kelas XI IPS
SMA Terpadu Darul Muta’allimin Kota Tasikmalaya?. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, kuisioner, dokumentasi,
dan studi literatur. Populasi penelitian ini sebanyak 33 orang, dan sampel
penelitian sejumlah populasi dengan teknik total sampling. Teknik pengolahan
data dalam penelitian ini berupa deskriptif kuantitatif dengan analisis sederhana
menggunakan persentase. Hasil penelitiannya adalah (1) pada penelitian ini yang
merupakan tahapan penerapan model pembelajaran inquiry memeliki langkah –
langkah tertentu yaitu, kegiatan orientasi, merumuskan masalah, merumuskan
hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis dan menyimpulkan hasil. (2)
upaya membangun culture literacy siswa dengan berbagai indikator diantaranya
terdapat kegiatan memvariasikan materi, melakukan kegiatan konseptual,
memperkaya kolaborasi, dan melakukan analisis permasalahan. Dilihat dari
persentase frekuensi kuisioner bahwa upaya membangun culture literacy melalui
peneran model pembelajaran inquiry dapat membangun siswa pada Mata
Pelajaran Geografi Materi keragaman budaya bangsa siswa kelas XI IPS SMA
Terpadu Darul Muta’allimin Kota Tasikmalaya.
Kata Kunci: Culture literacy, Model Pembelajaran, Inquiry Based Learning.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 02:51 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 02:51 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/363 |
