AGUSTIN, RISKA ALAWIYAH (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Quasi Eksperimen Kepada Peserta Didik Kelas XI MAN 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1.COVER.pdf
Download (194kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (227kB)
3. LEMBAR PENGUJI.pdf
Download (217kB)
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (232kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (242kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (183kB)
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (126kB)
8. DAFTAR ISI.pdf
Download (308kB)
9. DAFTAR TABEL.pdf
Download (184kB)
10. DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (178kB)
11. BAB I.pdf
Download (259kB)
12. BAB II.pdf
Download (314kB)
13. BAB III.pdf
Download (376kB)
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (399kB)
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (189kB)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (193kB)
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
18. RIWAYAT HIDUP PENELITI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (139kB)
Abstract
Masalah pokok terkait penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik 
pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahio adanya 
peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah perlakuan serta 
perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dengan 
model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan 
media permainan monopoli dan kelas kontrol dengan model pembelajaran jigsaw. 
Penelitian dilaksankaan di MAN 3 Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan 
metode kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan nonequivalent pretest
posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas XI MAN 3 
Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025 berjumlah 143 peserta didik. Sampel yang 
digunakan yaitu kelas XI-J yang berjumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen dan 
kelas XI-K yang berjumlah 36 orang sebagai kelas kontrol dengan pengambilan 
sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah peserta didik 72. 
Instrumen yang digunakan adalah soal berbentuk pilihan ganda pada mata pelajaran 
ekonomi sebanyak 25 soal. Teknik analisis data menggunakan bantuan program 
SPSS 25 yaitu uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test dengan 
taraf signifikansi sebesar 0,000 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat 
pengaruh model pembelajaran team games tournament berbantuan media 
permainan monopoli dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata 
pelajaran ekonomi materi ketenagakerjaan di kelas eksperimen, terdapat pengaruh 
model pembelajaran jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada 
mata pelajaran ekonomi materi ketenagakerjaan di kelas kontrol, dan diperoleh nilai 
rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol.  
Kata kunci : Kooperatif, team games tournament, jigsaw, monopoli
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi | 
| Depositing User: | irma sri katon | 
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 02:34 | 
| Last Modified: | 29 Oct 2025 02:34 | 
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/358 | 
