PENGARUH MODEL CREATIVE RESPONSIBILITY BASED LEARNING (CRBL) TERHADAP KREATIVITAS ILMIAH SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025)

SYAHRISMILANI, RIFNI (2025) PENGARUH MODEL CREATIVE RESPONSIBILITY BASED LEARNING (CRBL) TERHADAP KREATIVITAS ILMIAH SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (378kB)
[thumbnail of 3. PERNYATAAN.pdf] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (384kB)
[thumbnail of 4. HALAMAN PRIBADI.pdf] Text
4. HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (292kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of 7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf] Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR ISI.pdf] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (292kB)
[thumbnail of 9. BAB 1.pdf] Text
9. BAB 1.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of 10. BAB 2.pdf] Text
10. BAB 2.pdf

Download (447kB)
[thumbnail of 11. BAB 3.pdf] Text
11. BAB 3.pdf

Download (428kB)
[thumbnail of 12. BAB 4.pdf] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[thumbnail of 13. BAB 5.pdf] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 15. LAMPIRAN.pdf] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 16. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
16. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kreativitas ilmiah di SMA Negeri 6 Tasikmalaya yang berada dalam kategori kurang baik. Penyebabnya yaitu guru belum memfasilitasi model pembelajaran yang meningkatkan kreativitas ilmiah. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah menggunakan model pembelajaran Creative Responsibility Based Learning (CRBL). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model Creative Responsibility Based Learning (CRBL) terhadap kreativitas ilmiah siswa pada materi fluida dinamis. Metode penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dan desain penelitian posttest only control group design. Populasi penelitian yaitu kelas XI SMA Negeri 6 Tasikmalaya 2024/2025 terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian menggunakan kelas XI-1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 40 siswa, dan kelas XI-2 sebanyak 40 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan ialah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes. Tes dilakukan berupa posttest dengan soal yang diberikan berbentuk uraian. Uji coba instrumen yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis yaitu uji t dengan taraf signifikansi (� = 0,05). Pada uji hipotesis diperoleh ���������� > ������ maka �0 ditolak artinya ada pengaruh model Creative Responsibility Based Learning (CRBL) terhadap kreativitas ilmiah siswa pada materi fluida dinamis. Model Creative Responsibility Based Learning berpengaruh terhadap Kreativitas Ilmiah karena mendorong siswa untuk mengambil tanggung jawab aktif dalam proses pembelajaran, dan memecahkan masalah.

Kata kunci: Creative Responsibility Based Learning, Fluida Dinamis, Kreativitas Ilmiah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 29 Oct 2025 02:30
Last Modified: 29 Oct 2025 02:30
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/355

Actions (login required)

View Item
View Item