SYAHRISMILANI, RIFNI (2025) PENGARUH MODEL CREATIVE RESPONSIBILITY BASED LEARNING (CRBL) TERHADAP KREATIVITAS ILMIAH SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (162kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (378kB)
3. PERNYATAAN.pdf
Download (384kB)
4. HALAMAN PRIBADI.pdf
Download (175kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (292kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (173kB)
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (138kB)
8. DAFTAR ISI.pdf
Download (292kB)
9. BAB 1.pdf
Download (227kB)
10. BAB 2.pdf
Download (447kB)
11. BAB 3.pdf
Download (428kB)
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (401kB)
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (211kB)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (188kB)
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
16. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (137kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kreativitas ilmiah di SMA Negeri 6 Tasikmalaya yang berada dalam kategori kurang baik. Penyebabnya yaitu guru belum memfasilitasi model pembelajaran yang meningkatkan kreativitas ilmiah. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah menggunakan model pembelajaran Creative Responsibility Based Learning (CRBL). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model Creative Responsibility Based Learning (CRBL) terhadap kreativitas ilmiah siswa pada materi fluida dinamis. Metode penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dan desain penelitian posttest only control group design. Populasi penelitian yaitu kelas XI SMA Negeri 6 Tasikmalaya 2024/2025 terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian menggunakan kelas XI-1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 40 siswa, dan kelas XI-2 sebanyak 40 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan ialah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes. Tes dilakukan berupa posttest dengan soal yang diberikan berbentuk uraian. Uji coba instrumen yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis yaitu uji t dengan taraf signifikansi (� = 0,05). Pada uji hipotesis diperoleh ���������� > ������ maka �0 ditolak artinya ada pengaruh model Creative Responsibility Based Learning (CRBL) terhadap kreativitas ilmiah siswa pada materi fluida dinamis. Model Creative Responsibility Based Learning berpengaruh terhadap Kreativitas Ilmiah karena mendorong siswa untuk mengambil tanggung jawab aktif dalam proses pembelajaran, dan memecahkan masalah.
Kata kunci: Creative Responsibility Based Learning, Fluida Dinamis, Kreativitas Ilmiah
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics  | 
        
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika | 
| Depositing User: | Lelis Marsidah | 
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 02:30 | 
| Last Modified: | 29 Oct 2025 02:30 | 
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/355 | 
