AZKIA, ZULFA (2024) INVESTIGATING STUDENTS’ CHALLENGES AND THEIR SOLUTIONS IN WRITING FABLE AS AN ASSIGNMENT IN CHILDREN’S LITERATURE COURSE. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (138kB)
2. APPROVAL SHEET.pdf
Download (352kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (193kB)
4. PERSONAL PAGE.pdf
Download (109kB)
5. ABSTRACT.pdf
Download (120kB)
6. PREFACE.pdf
Download (82kB)
7. ACKNOWLEDGEMENT.pdf
Download (92kB)
8. TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (126kB)
9. LIST OF TABLES.pdf
Download (86kB)
10. LIST OF FIGURES.pdf
Download (67kB)
11. LIST OF ENCLOSURES.pdf
Download (74kB)
12. CHAPTER 1.pdf
Download (100kB)
13. CHAPTER 2.pdf
Download (175kB)
14. CHAPTER 3.pdf
Download (212kB)
15. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (388kB)
16. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (83kB)
17. REFERENCES.pdf
Download (175kB)
18. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
19. CURRICULUM VITAE (CV).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (41kB)
Abstract
Menulis fabel menjadi salah satu tugas pada mata kuliah Children’s Literature di
salah satu universitas negeri di Tasikmalaya. Meskipun fabel adalah cerita
sederhana, namun pada prosesnya mahasiswa mengalami berbagai tantangan.
Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi tantangan
tantangan yang dihadapi mahasiswa dalam menulis fabel, dan solusi yang mereka
lakukan untuk mengatasinya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan studi
kasus deskriptif sebagai desain penelitian. Partisipan yang terlibat adalah empat
mahasiswa yang sudah pernah menulis fabel di kelas Children’s Literature. Data
dikumpulkan dengan menggunakan wawancara semi struktur. Data dianalisis
menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga
tantangan utama yang dihadapi mahasiswa dalam menulis fabel, yaitu (1)
tantangan dalam pengetahuan konten, yang terdiri dari menemukan ide,
mengembangkan alur, tokoh dan penokohan, latar, dan pesan moral; (2) tantangan
dalam aspek bahasa, yang terdiri dari kosakata, tata bahasa, dan gaya menulis
fabel; dan (3) tantangan dalam faktor psikologi, mengenai kontrol fokus dan
perasaan. Adapun solusi yang dilakukan dalam aspek pengetahuan konten yaitu
membaca banyak fabel, melibatkan sesuatu yang mereka sukai, membuat outline,
melibatkan kehidupan nyata, menyesuaikan dengan alur, menggunakan latar yang
spesifik, dan menentukan pesan moral yang sesuai. Solusi dalam aspek bahasa
yaitu membaca banyak fabel, meninjau kosakata, memeriksa tata bahasa, melihat
rumus tensis, menggunakan Grammarly, kamus, dan Google Translate. Dan solusi
untuk faktor psikologi yaitu mengerjakan tugas di rumah, dan membatasi
penggunaan media sosial. Hasil dari penelitian ini menawarkan kontribusi praktis
bagi dosen dan mahasiswa dalam meningkatkan kualitas penulisan fabel.
Kata Kunci: fabel, menulis fabel, tantangan dan solusi mahasiswa, mata kuliah
children’s literature
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 01:59 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 01:59 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/343 |
