INVESTIGATING STUDENTS’ CHALLENGES AND THEIR SOLUTIONS IN WRITING FABLE AS AN ASSIGNMENT IN CHILDREN’S LITERATURE COURSE

AZKIA, ZULFA (2024) INVESTIGATING STUDENTS’ CHALLENGES AND THEIR SOLUTIONS IN WRITING FABLE AS AN ASSIGNMENT IN CHILDREN’S LITERATURE COURSE. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 2. APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. APPROVAL SHEET.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 4. PERSONAL PAGE.pdf] Text
4. PERSONAL PAGE.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 5. ABSTRACT.pdf] Text
5. ABSTRACT.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 6. PREFACE.pdf] Text
6. PREFACE.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 7. ACKNOWLEDGEMENT.pdf] Text
7. ACKNOWLEDGEMENT.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of 8. TABLE OF CONTENTS.pdf] Text
8. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 9. LIST OF TABLES.pdf] Text
9. LIST OF TABLES.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 10. LIST OF FIGURES.pdf] Text
10. LIST OF FIGURES.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of 11. LIST OF ENCLOSURES.pdf] Text
11. LIST OF ENCLOSURES.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 12. CHAPTER 1.pdf] Text
12. CHAPTER 1.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 13. CHAPTER 2.pdf] Text
13. CHAPTER 2.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 14. CHAPTER 3.pdf] Text
14. CHAPTER 3.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 15. CHAPTER 4.pdf] Text
15. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[thumbnail of 16. CHAPTER 5.pdf] Text
16. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[thumbnail of 17. REFERENCES.pdf] Text
17. REFERENCES.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 18. ENCLOSURES.pdf] Text
18. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 19. CURRICULUM VITAE (CV).pdf] Text
19. CURRICULUM VITAE (CV).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)

Abstract

Menulis fabel menjadi salah satu tugas pada mata kuliah Children’s Literature di
salah satu universitas negeri di Tasikmalaya. Meskipun fabel adalah cerita
sederhana, namun pada prosesnya mahasiswa mengalami berbagai tantangan.
Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi tantangan
tantangan yang dihadapi mahasiswa dalam menulis fabel, dan solusi yang mereka
lakukan untuk mengatasinya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan studi
kasus deskriptif sebagai desain penelitian. Partisipan yang terlibat adalah empat
mahasiswa yang sudah pernah menulis fabel di kelas Children’s Literature. Data
dikumpulkan dengan menggunakan wawancara semi struktur. Data dianalisis
menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga
tantangan utama yang dihadapi mahasiswa dalam menulis fabel, yaitu (1)
tantangan dalam pengetahuan konten, yang terdiri dari menemukan ide,
mengembangkan alur, tokoh dan penokohan, latar, dan pesan moral; (2) tantangan
dalam aspek bahasa, yang terdiri dari kosakata, tata bahasa, dan gaya menulis
fabel; dan (3) tantangan dalam faktor psikologi, mengenai kontrol fokus dan
perasaan. Adapun solusi yang dilakukan dalam aspek pengetahuan konten yaitu
membaca banyak fabel, melibatkan sesuatu yang mereka sukai, membuat outline,
melibatkan kehidupan nyata, menyesuaikan dengan alur, menggunakan latar yang
spesifik, dan menentukan pesan moral yang sesuai. Solusi dalam aspek bahasa
yaitu membaca banyak fabel, meninjau kosakata, memeriksa tata bahasa, melihat
rumus tensis, menggunakan Grammarly, kamus, dan Google Translate. Dan solusi
untuk faktor psikologi yaitu mengerjakan tugas di rumah, dan membatasi
penggunaan media sosial. Hasil dari penelitian ini menawarkan kontribusi praktis
bagi dosen dan mahasiswa dalam meningkatkan kualitas penulisan fabel.
Kata Kunci: fabel, menulis fabel, tantangan dan solusi mahasiswa, mata kuliah
children’s literature

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: irma sri katon
Date Deposited: 29 Oct 2025 01:59
Last Modified: 29 Oct 2025 01:59
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/343

Actions (login required)

View Item
View Item