HUDA, SUSA HIKMATUL (2024) PENDAMPINGAN ORANG TUA TERHADAP PENGGUNAAN GADGET ANAK USIA DINI DALAM PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DIGITAL (Studi pada Orang Tua Murid Satuan PAUD Sejenis (SPS) Ulul Azhmi Kecamatan Mekarmukti Kabupaten Garut). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (218kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (386kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (340kB)
4. MOTTO DAN PERSEMBAHAN.pdf
Download (299kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (325kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (308kB)
7. DAFTAR ISI.pdf
Download (210kB)
8. BAB 1.pdf
Download (338kB)
9. BAB 2.pdf
Download (465kB)
10. BAB 3.pdf
Download (391kB)
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (241kB)
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (187kB)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (203kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Perkembangan teknologi digital yang begitu cepat dapat memberikan dampak yang sangat signifikan di dalam kehidupan masyarakat. Salah satunya hampir semua anak usia dini sudah mengenal gadget maka perlu adanya pendampingan orang tua terhadap pengendalian konten dalam gadget.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendampingan orang tua terhadap penggunaan gadget anak usia dini dalam perkembangan teknologi digital. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat lima cara pendampingan yang dilakukan oleh orang tua saat anak bermain gadget. Pertama, menyesuaikan dengan usia anak. Kedua, selektif memilihkan aplikasi permainan di dalam gadget. Ketiga, temani anak dalam bermain gadget. Keempat, Batasi waktu bermain gadget pada anak. Kelima, mengajak anak melakukan kegiatan positif. Kesimpulan pendampingan orang tua terhadap penggunaan gadget anak usia dini dalam perkembangan teknologi digital mempunyai dampak positif bagi anak yang sesuai dengan pendampingan orang tuanya. Sehingga diharapkan bagi orang tua senantiasa mendampingi anak saat bermain gadget untuk meminimalisir dampak negatif dari penggunaan gadget.
Kata Kunci : Pendampingan Anak, Gadget, Teknologi Digital
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 01:51 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 01:51 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/339 |
