PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE STAD TERHADAP KETERAMPILAN SPIKE DALAM PERMAINAN BOLA VOLI (Penelitian Eksperimen pada Siswa SMA Negeri 13 Garut Tahun Ajaran 2024/2025)

PRATAMA, REEHAN FADHILLA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE STAD TERHADAP KETERAMPILAN SPIKE DALAM PERMAINAN BOLA VOLI (Penelitian Eksperimen pada Siswa SMA Negeri 13 Garut Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. cover.pdf] Text
1. cover.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of 3. PENGUJI.pdf] Text
3. PENGUJI.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 4. PERNYATAAN.pdf] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 5. MOTTO.pdf] Text
5. MOTTO.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 6. ABSTRAK.pdf] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 7. KATA PENGANTAR.pdf] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf] Text
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR ISI.pdf] Text
10. DAFTAR ISI.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 11. BAB I.pdf] Text
11. BAB I.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of 12. BAB II.pdf] Text
12. BAB II.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 13. BAB III.pdf] Text
13. BAB III.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 14. BAB VI.pdf] Text
14. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[thumbnail of 15. BAB V.pdf] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[thumbnail of 16. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of 17. LMAPIRAN.pdf] Text
17. LMAPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 18. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
18. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe STAD terhadap Keterampilan Spike dalam Permainan Bola Voli” dilakukan untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara kelompok eksperimen (cooperative tipe STAD) dengan kelompok kontrol terhadap keterampilan spike dalam permainan bola voli. Sementara itu, metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Dengan desain ini, dilakukan tes awal (pretest) keterampilan spike terhadap kelompok eksperimen dan kelompok kontrol; perlakuan terhadap kelompok eksperimen; serta tes akhir (posttest) terhadap kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas di SMA Negeri 13 Garut yang terdiri dari 36 kelas. Adapun untuk menentukan sampel digunakan teknik cluster random sampling dan dipilih 2 kelas secara acak sebagai sampel yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kemudian, kelompok eksperimen menerima perlakukan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Berbeda halnya dengan dengan kelompok kontrol, mereka mendapatkan perlakuan dengan menerapkan pendekatan konvensional. Selanjutnya, data diambil dengan menggunakan teknik observasi. Setelah itu, data diolah dengan menggunakan pendekatan statistika. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa terdapat peningkatan keterampilan spike pada kelompok eksperimen dengan perlakuan (treatment) model pembelajaran cooperative tipe STAD. Dengan demikian, hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran cooperative tipe STAD terhadap keterampilan spike dalam permainan bola voli pada siswa SMA Negeri 13 Garut tahun ajaran 2024/2025.

Kata kunci: model pembelajaran cooperative tipe STAD, spike, bola voli

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani
Depositing User: user1 user1 user1
Date Deposited: 29 Oct 2025 01:50
Last Modified: 29 Oct 2025 01:50
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/338

Actions (login required)

View Item
View Item