PRATAMA, REEHAN FADHILLA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE STAD TERHADAP KETERAMPILAN SPIKE DALAM PERMAINAN BOLA VOLI (Penelitian Eksperimen pada Siswa SMA Negeri 13 Garut Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. cover.pdf
Download (175kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (103kB)
3. PENGUJI.pdf
Download (213kB)
4. PERNYATAAN.pdf
Download (136kB)
5. MOTTO.pdf
Download (70kB)
6. ABSTRAK.pdf
Download (79kB)
7. KATA PENGANTAR.pdf
Download (72kB)
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (74kB)
10. DAFTAR ISI.pdf
Download (113kB)
11. BAB I.pdf
Download (102kB)
12. BAB II.pdf
Download (142kB)
13. BAB III.pdf
Download (229kB)
14. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (244kB)
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6kB)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (149kB)
17. LMAPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
18. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11kB)
Abstract
Penelitian yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe STAD terhadap Keterampilan Spike dalam Permainan Bola Voli” dilakukan untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara kelompok eksperimen (cooperative tipe STAD) dengan kelompok kontrol terhadap keterampilan spike dalam permainan bola voli. Sementara itu, metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Dengan desain ini, dilakukan tes awal (pretest) keterampilan spike terhadap kelompok eksperimen dan kelompok kontrol; perlakuan terhadap kelompok eksperimen; serta tes akhir (posttest) terhadap kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas di SMA Negeri 13 Garut yang terdiri dari 36 kelas. Adapun untuk menentukan sampel digunakan teknik cluster random sampling dan dipilih 2 kelas secara acak sebagai sampel yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kemudian, kelompok eksperimen menerima perlakukan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Berbeda halnya dengan dengan kelompok kontrol, mereka mendapatkan perlakuan dengan menerapkan pendekatan konvensional. Selanjutnya, data diambil dengan menggunakan teknik observasi. Setelah itu, data diolah dengan menggunakan pendekatan statistika. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa terdapat peningkatan keterampilan spike pada kelompok eksperimen dengan perlakuan (treatment) model pembelajaran cooperative tipe STAD. Dengan demikian, hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran cooperative tipe STAD terhadap keterampilan spike dalam permainan bola voli pada siswa SMA Negeri 13 Garut tahun ajaran 2024/2025.
Kata kunci: model pembelajaran cooperative tipe STAD, spike, bola voli
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 01:50 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 01:50 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/338 |
