UYUN, NENG TINTIN WILAYATUL (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH SOLVE CREATE AND SHARE (SSCS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen Dikelas X SMAN 1 Ciawi Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024 ). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1 Cover.pdf
Download (77kB)
2 Lembar Pengesahann.pdf
Download (79kB)
3 Pernyataan Keaslian.pdf
Download (258kB)
4 Abstrak.pdf
Download (290kB)
5 Abstract.pdf
Download (243kB)
6 Kata Pengantar.pdf
Download (131kB)
7 Ucapan Terima Kasih.pdf
Download (69kB)
8 Daftar Isi.pdf
Download (87kB)
9 Daftar Tabel.pdf
Download (80kB)
10 Daftar Gambar.pdf
Download (76kB)
11 Daftar Lampiran.pdf
Download (68kB)
12 BAB 1.pdf
Download (189kB)
13 BAB 2.pdf
Download (318kB)
14 BAB 3.pdf
Download (1MB)
15 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (515kB)
16 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (195kB)
17 Daftar Pustaka.pdf
Download (218kB)
18 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
19 Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (139kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Search Solve Create and Share (SSCS) terhadap kemampuan pemecahan masalah
dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi perubahan lingkungan di
kelas X SMAN 1 Ciawi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
metode Quasi Experiment. Populasinya adalah seluruh kelas X SMAN 1 Ciawi
Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024. Sampel terdiri atas kelas eksperimen dan
kelas kontrol yang ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui tes dalam bentuk soal uraian. Uji hipotesis
pada penelitian ini akan menggunakan uji statistik parametrik menggunakan uji
Ancova. Hasil analisis menggunakan uji Ancova menunjukkan nilai signifikansi
sebesar 0,00 < 0,05. Pada kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen
memperoleh n-gain sebesar 0,68 pada kategori sedang, sedangkan kelas kontrol
memperoleh n-gain 0,51 pada kategori sedang. Pada kemampuan berpikir kreatif
kelas eksperimen memperoleh n-gain sebesar 0,57 pada kategori sedang, sedangkan
kelas kontrol memperoleh n-gain 0,42 pada kategori sedang. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran search solve create and share (SSCS)
berpengaruh baik terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan
berpikir kreatif peserta didik.
Kata Kunci: Pembelajaran SSCS, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan
Berpikir Kreatif, Perubahan Lingkungan
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 01:22 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 01:22 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/329 |
