ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR KOLB

YUNITA, TIA TRESNA (2025) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR KOLB. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 01 Cover Tia.pdf] Text
01 Cover Tia.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 02 Lembar Pengesahan Tia.pdf] Text
02 Lembar Pengesahan Tia.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of 03 Surat Keterangan Revisi Ujian Skripsi.pdf] Text
03 Surat Keterangan Revisi Ujian Skripsi.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of 04 Surat Pernyataan.pdf] Text
04 Surat Pernyataan.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 05 Abstrak.pdf] Text
05 Abstrak.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 06 Kata Pengantar.pdf] Text
06 Kata Pengantar.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of 07 Daftar Isi.pdf] Text
07 Daftar Isi.pdf

Download (387kB)
[thumbnail of 08 Daftar Tabel.pdf] Text
08 Daftar Tabel.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 09 Daftar Gambar.pdf] Text
09 Daftar Gambar.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 10 Daftar Lampiran.pdf] Text
10 Daftar Lampiran.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 11 BAB 1.pdf] Text
11 BAB 1.pdf

Download (778kB)
[thumbnail of 12 BAB 2.pdf] Text
12 BAB 2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 13 BAB 3.pdf] Text
13 BAB 3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 14 BAB 4.pdf] Text
14 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (860kB)
[thumbnail of 15 BAB 5.pdf] Text
15 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[thumbnail of 16 Daftar Pustaka.pdf] Text
16 Daftar Pustaka.pdf

Download (556kB)
[thumbnail of 17 Lampiran.pdf] Text
17 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik ditinjau dari gaya belajar Kolb yaitu gaya belajar diverger, assimilator, konverger dan akomodator. Metode peneltian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 9 Tasikmalaya, dengan subjek penelitian sebanyak 4 orang dari kelas VIII-C yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi teorema pythagoras dan angket gaya belajar Kolb. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa subjek dengan gaya belajar diverger (S15) yang imajinatif dan suka melihat masalah dari berbagai sudut pandang, mampu memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana, tetapi belum mampu memeriksa kembali. Subjek dengan gaya belajar assimilator (S16) yang senang berpikir logis dan sistematis mampu memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana, tetapi belum mampu memeriksa kembali. Subjek dengan gaya belajar konverger (S25) yang teliti dan suka menemukan cara paling efisien menunjukkan kemampuan paling lengkap, karena mampu menyelesaikan semua tahapan pemecahan masalah, termasuk memeriksa kembali jawabannya menggunakan cara lain. Subjek dengan gaya belajar akomodator (S12) yang suka bertindak cepat dan berpikir praktis mampu memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana, tetapi belum mampu memeriksa kembali.

Kata kunci: Analisis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Gaya Belajar Kolb

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 23 Dec 2025 02:47
Last Modified: 23 Dec 2025 02:47
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3251

Actions (login required)

View Item
View Item